Pekanbaru   2023/03/13 13:42 WIB

Pj Walikota Muflihun Tinjau Pasar Cik Puan dan akan Bangun 220 TPS, 'yang Sudah Dinantikan Pedagang'

Pj Walikota Muflihun Tinjau Pasar Cik Puan dan akan Bangun 220 TPS, 'yang Sudah Dinantikan Pedagang'
Pj Wako Pekanbaru, Muflihun (kanan) tinjau Pasar Cik Puan.

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun meninjau Pasar Cik Puan dan akan Bangun 220 TPS yang sudah dinanti-nantikan pedagang.

"Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun, bersama rombongan meninjau kondisi tempat penampungan sementara (TPS) Pasar Cik Puan, pasca kebakaran, Minggu 12 Maret 2023 lalu."

Tetapi para pedagang Pasar Cik Puan, sudah lama berharap Pemko segera membangun tempat penampungan sementara (TPS).

"Saat ini para pedagang yang menempati bangunan terbengkalai."

"Kami sudah lama menempati lokasi pasar pasca terbakar, tanpa memiliki dinding dan tak bisa untuk menyimpan barang agar dagangan aman," kata seorang pedagang Sustrisno.

Sebagian pedagang ada yang membawa pulang barang dagangannya, sebutnya.

Mereka yang pindah ke bangunan Pasar Cik Puan ini adalah pedagang yang menjadi korban dan terdampak  kebakaran. Sementara pedagang yang masih utuh kiosnya tetap bertahan di TPS yang lama.

Umar, seorang pedagang Pasar Cik Puan mengatakan, bahwa sesuai janji Pemko Pekanbaru, TPS akan segera dibangun di lokasi yang pasca kebakaran.

"Kalau pemerintah kemarin bilangnya disegerakan. Katanya diusahakan mulai dikerjakan pekan depan," ujarnya.

Ia berharap apa yang disampaikan pemerintah itu segera terealisasi.

"Kita hanya menunggu janjinya saja, kalau mereka mayoritas muslim ya segerakan lah untuk menepati janjinya. Itu aja yang kita pegang," ucapnya.

Dirinya yang juga terdampak kebakaran TPS Pasar Cik Puan ini mengaku belum mendapatkan bantuan apa pun dari pemerintah.

"Kalau bantuan belum ada. Ya kita tunggu ajalah janjinya," pungkasnya.

Lokasi TPS yang terbakar sudah bersih dan tidak ada aktivitas lagi.

Sementara kios pedagang yang masih utuh tetap berjualan seperti biasanya. Hanya saja, pengunjung di pasar tersebut tampak sepi.

Sementara Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, bersama rombongan sudah meninjau kondisi TPS Pasar Cik Puan, pasca kebakaran.

Dalam kunjungan itu, Pj Wako didampingi Forkopimda, Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kadisperindag Zulhelmi Arifin, Inspektur Inspektorat Kota Pekanbaru Iwan Simatupang, Kasatpol PP Zulfahmi Adrian, dan Kadiskominfo Raja Hendra.

Muflihun, beserta rombongan berkeliling melihat kondisi terkini TPS Pasar Cik Puan yang terbakar. Ia juga sempat berbincang dengan pedagang seputaran harga terkini kebutuhan pokok menjelang Ramadan.

"Kunjungan kita ini untuk memastikan bahwa kondisi lahan siap untuk dibangun kembali. Membangun kios sementara bagi pedagang," ujar Muflihun.

Menurutnya, pembangunan mulai dilakukan hari ini. OPD teknis telah mempersiapkan administrasi dan segala keperluan untuk pembangunan.

Ia berharap, pembangunan bisa rampung dalam 14 hari ke depan. Dia ingin agar awal bulan Ramadan pedagang korban kebakaran bisa kembali berjualan di lokasi tersebut.

Dikatakannya, untuk pembangunan TPS, Pemko Pekanbaru menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Ia menyebut, ada sekitar 220 kios yang akan dibangun di lokasi TPS yang terbakar. Kios ini diperuntukkan bagi pedagang basah dan kering. (rp.sul/*)

Tags : pasar cik puan, pekanbaru, tempat penampungan sementara, 220 tps akan dibangun di pasar cik puan, tps dinantikan pedagang,