Pekanbaru   2024/05/29 12:6 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Didampingi Sekdako Indra Pomi Nasution Tinjau Pusat IPAL yang akan Dikunjungi Presiden 

Pj Walikota Pekanbaru Didampingi Sekdako Indra Pomi Nasution Tinjau Pusat IPAL yang akan Dikunjungi Presiden 
Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa didampingi Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan jajarannya meninjau pusat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berlokasi di Kecamatan Tenayan Raya

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa didampingi Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan jajarannya meninjau pusat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berlokasi di Kecamatan Tenayan Raya.

"Pj Walikota Pekanbaru tinjau pusat IPAL di Pekanbaru." 

"Menyambut Presiden kita, yang nantinya juga akan datang bersama menteri-menterinya, kita harus siap sebagai tuan rumah. Salah satunya persoalan keamanan dan kebersihan," ujar Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Rabu (29/5).

Peninjauan tersebut dalam rangka memastikan salah satu lokasi yang akan dikunjungi oleh Presiden RI, Joko Widodo sudah beroperasi dengan baik. 

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan datang ke Pekanbaru, bertepatan dengan Hari Peringatan Pancasila pada 1 Mei 2024.

Sementara itu, terkait pusat pengolahan limbah yang telah beroperasi ini, Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, Pemko Pekanbaru sudah mengoperasikan sejumlah sambungan rumah (SR) di wilayah NC 1 dan NC 2. Yakni wilayah Kecamatan Sukajadi dan Kecamatan Pekanbaru Kota.

Menurutnya, Pemko Pekanbaru juga masih terus menambah SR IPAL untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan pengolahan limbah baik di rumah warga, hotel, sekolah, mall dan bangunan lainnya.

"Pengelolaan limbah ini, kalau sudah tersambung, kita harap kota kita lebih bersih. Limbah seperti air bekas cuci piring dan toilet bisa otomatis diolah, sehingga bakteri ecoli dan yang berbahaya untuk lingkungan sudah tidak ada lagi," jelasnya.

Untuk diketahui, IPAL Kota Pekanbaru kini telah beroperasi dengan kapasitas pengolahan limbah sekitar 11.000 kubik limbah perhari, yang dialokasikan melalui Sambungan Rumah (SR) dan 8.000 kubik tinja perhari dari alokasi mobil tinja.(rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : pj walikota pekanbaru risnandar mahiwa, tinjau pusat ipal, ipal pekanbaru, persiapan pemko kedatangan presiden joko widodo,