Bengkalis   2020/08/05 02:21:00 PM WIB

Plh Bupati Bustami Salurkan BST di Desa Wonosari

Plh Bupati Bustami Salurkan BST di Desa Wonosari

BENGKALIS - Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk dana bantuan keuangan khusus dari Provinsi Riau terkait penanganan Covid-19 di Desa Wonosari. 

Peninjauan sekaligus penyaluran BST dilakukan Plh Bupati Bengkalis di Aula Kantor Desa Wonsoari Kecamatan Bengkalis, Rabu (5/8/2020). Turut mendampingi Plh Bupati, Kadis Sosial Hj Martini. Turut hadir juga Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Kepala Disperindag Bengkalis H Indra Gunawan, Kepala BPKAD Bengkalis Aulia, Kepala Diskominfotik Bengkalis Johansyah Syafri, Sekretaris Dinas Kesehatan Bengkalis Imam Subchi, Camat Bengkalis Ade Suwirman dan Kepala Desa Wonosari Suswanto.

"Gubernur Riau saat ini telah menyalurkan secara simbolis BLT yang bersumber dari bantuan keuangan kepada masyarakat khusus untuk penanganan dampak sosial Covid-19 ke Kabupaten/Kota," kata Bustami. 

Pelaksanaan penyaluran bantuan ini merupakan salah satu rangkaian penyaluran bantuan yang dilaksanakan oleh pemerintah di tengah pandemi Covid-19 ini. Bantuan keuangan khusus yang dialokasikan oleh Gubernur Riau untuk penanganan Covid-19 ini telah memenuhi persyaratan dan prosedur yang ditetapkan sesuai dengan Peraturan Gubernur itu sendiri. "Adapun penerima penyaluran bantuan saat ini sudah valid terdata sebanyak 13.000, oleh sebab itu diharapkan penyaluran yang dimulai hari ini agar dapat digunakan semaksimal mungkin untuk keperluan keluarga. Dan inilah sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 ini," ujarnya.

Dia mengakui lamanya proses bantuan dari Pemrpov, dikarenakan informasi mengenai penyaluran bantuan ini tidak dilakukan dari awal wabah Covid-19, namun adanya setelah pandemi Covid-19, sebutnya sambil berpesan agar BST yang diterima benar-benar dimanfaatkan untuk kebutuhan keluarga.

Sementara Kepala Dinas Sosial Hj Martini menambahkan, untuk pelaksanaan bantuan sosial (Bansos) kepada penerima dipantau menggunakan aplikasi mata bansos. Dimana dari aplikasi ini nanti bisa dilihat oleh Gubernur Riau, sehingga penyaluran bantuan ini dapat diterima dan dideteksi bahwa satu penerima bantuan itu mendapatkan beberapa jenis Bansos. (rp.bud/*)

Tags : plh bupati bengkalis, bustamibantuan sosial tunai, penyaluran BST,