News   2023/09/23 9:21 WIB

PLN Gandeng BRI untuk Menerapkan Pembayaran Listrik Pakai Pay Later

PLN Gandeng BRI untuk Menerapkan Pembayaran Listrik Pakai Pay Later

JAKARTA - PT PLN (Persero) bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menyediakan layanan buy now pay later atau metode pembayaran kemudian hari untuk pembayaran listrik pada aplikasi PLN Mobile.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait penyediaan layanan perbankan dan fasilitas pembiayaan untuk pembayaran rekening listrik yang berlangsung di Kantor Pusat PLN Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti mengatakan, penyediaan layanan pay later tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan kelistrikan kepada masyarakat.

"Ini memang sudah lama kami impikan, dengan banyaknya channel (pembayaran) kami bisa promosi lebih gencar lagi, supaya pelanggan kita khususnya pelanggan PLN itu bisa memanfaatkan fasilitas itu," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Menurutnya,kerja sama ini merupakan titik awal dari kerja sama yang akan terus dikembangkan ke depannya.

Edi berharap, kerja sama dengan BRI ini dapat diikuti oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) lainnya. Lantaran, dengan banyaknya opsi channel pembayaran yang tersedia maka akan memudahkan pelanggan melakukan transaksi.

"Channel pembayaran perlu diperbanyak, sehingga bagi pelanggan kami hingga yang berada di ujung-ujung daerah, di daerah remote, dapat dengan mudah bertransaksi dengan adanya BRI di PLN Mobile,” kata dia.

Ia menambahkan, PLN berupaya memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam menikmati fasilitas kelistrikan dengan memberikan skema-skema terbaik dalam melakukan pembayaran rekening listrik.

”Jadi saya rasa ini adalah kolaborasi yang strategis karena memang era digital ini adalah era kolaborasi. Kita tidak bisa jalan sendiri, pasti ini membutuhkan kerja sama antara satu pihak dengan pihak lainnya,” lanjut Edi.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani berharap, kerja sama antara BUMN ini mampu memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat.

Dia optimistis kerja sama ini mampu memberikan mutual benefit serta menghasilkan berbagai inovasi baru dalam melayani masyarakat.

"Mungkin ini yang pertama kalinya skema buy now pay later dan juga enterprise financing dilakukan. Dengan kerja sama ini tentu kami berharap ini akan terus ditingkatkan dan memberikan mutual benefit bagi baik PLN Group maupun BRI Group,” pungkas Handayani, seperti yang dilansir dari kompas.

Tags : perusahaan listrik negara, pln gandeng bri, layanan buy now pay, terapkan pembayaran listrik pakai pay later, News,