Pendidikan   2020/08/28 12:05:00 PM WIB

Plt Kadisdik Ismardi Ilyas Bakal Buat Tatap Muka Siswa

Plt Kadisdik Ismardi Ilyas Bakal Buat Tatap Muka Siswa
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru ingin sekolah tatap muka bisa dimulai pekan depan.  Sebelumnya, Disdik telah menerima surat edaran tiga hari terakhir yang menjawab dari surat pengajuan yang dikirim Pemko Pekanbaru ke Kemendikbud terkait rencana sekolah sekali sepekan.

"Secara khusus surat yang kami kirim kemarin belum dibalas. Namun telah dibalas dan dijawab secara nasional dalam bentuk edaran. Kami sudah terima edaran itu sejak tiga hari terakhir," kata Plt Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas pada media, Jumat (27/8/2020).

Pihaknya mengaku surat permintaan izin pada dua kementerian belum dijawab, Tapi Disdik sudah menerima Surat Edaran (SE) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang syarat suatu daerah boleh menggelar sekolah tatap muka. Dalam edaran yang dikirimkan ke seluruh Disdik se-Indonesia oleh Kemendikbud, pembelajaran di sekolah boleh dilakukan lagi bagi wilayah zona hijau dan kuning penyebaran pandemi Covid-19.

Menurutnya, penerapan sistem pembelajaran nanti tetap memperhatikan protokol kesehatan, "siswa hanya masuk sekolah satu kali dalam satu pekan, siswa pun dibagi dua dalam setiap kali pertemuan, 50 persen siswa pertama di hari Senin dan berikutnya pada hari Kamis," sebutnya.

"Untuk pertama kali masuk sekolah, siswa diwajibkan dilakukan rapid test. Nanti proses pembelajaran juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan," terangnya.

Pihaknya akan mengajukan lagi ke Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru terkait isi edaran tersebut. "Kami ajukan ke wali kota. Karena di peta nasional, Pekanbaru berada zona kuning. Kita menanti keputusan wali kota, kalau memang diizinkan kami akan mulai pekan depan," tambahnya. (rp.sul/*)

Tags : Plt Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, Ismardi Ilyas, Tatap Muka Siswa,