Pendidikan   2024/05/21 12:54 WIB

Plt Kadisdik Riau Roni Rakhmat Siapkan PPDB SMA/SMK, 'Tapi Kepsek Diingatkan Jangan Pungut Biaya'

Plt Kadisdik Riau Roni Rakhmat Siapkan PPDB SMA/SMK, 'Tapi Kepsek Diingatkan Jangan Pungut Biaya'
Plt Kadisdik Riau, Roni Rakhmat

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pasca ditunjukkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Riau oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto, Roni Rakhmat langsung gerak cepat dan kumpulkan jajaran dinas serta kepala sekolah membahas beberapa hal yang menjadi perhatian.

"Disdik persiapkan PPDB SMA/SMK."

"Iya, menindaklanjuti arahan pimpinan tadi saya baru melaksanakan rapat perdana bersama jajaran Disdik Riau dan kepala sekolah," kata Plt Kadisdik Riau, Roni Rakhmat, Senin (20/5).

Satu di antaranya terkait persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri se-Riau dan pelaksanaan kegiatan tahun 2024 yang tertunda untuk segera digesa.

Roni mengatakan, terkait pelaksanaan PPDB SMA/SMK negeri di Riau, ia menegaskan agar satuan pendidikan menjalankan secara terbuka dan transparan.

"Tadi saya sudah ingatkan, agar PPDB tidak ada pungutan. Kalau ada pungutan silahkan lapor ke dinas dan akan kita proses jika terbukti. Sedangkan terkait skema penerimaan peserta didik baru nanti akan kita bahas pekan depan, dan diumumkan lebih lanjut," terangnya.

Selain itu, lanjut Roni, ia juga meminta jajaran untuk segera menggesa kegiatan yang tertunda, sebab waktu terus berjalan dan jangan sampai kegiatan tidak jalan. Baik itu kegiatan yang bersumber dari APBD maupun DAK.

"Termasuk juga tadi kita ingatkan agar kepala sekolah untuk sementara waktu tidak melakukannya studi tour di luar provinsi Riau. Alasannya jelas, selain saat ini kondisi alam yang tak menentu, dan juga menjadi beban orang tua siswa," sebutnya.

Pihak Disdik juga telah mempersiapkan jadwal seleksi PPDB tingkat SMA/SMK di Riau.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pendidikan menegaskan tidak perubahan jadwal seleksi PPDB tingkat SMA/SMK Negeri di Riau. 

"Seauai jadwal, tahapan pendaftaran dan pemilihan sekolah berakhir."

Pihaknya mengimbau bagi calon peserta didik sudah bisa mendaftar.

"Pendaftaran dan pemilihan sekolah, tak ada perubahan jadwal, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran, tetap seperti yang sudah diumumkan, silahkan manfaatkan sisa waktu yang ada," sebutnya.

Setelah tahap pendaftaran dan pemilihan sekolah selesai, maka selanjutnya verifikasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan," tutupnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : persiapan PPDB SMA/SMK, Disdik buka seleksi PPDB SMA/SMK, seleksi PPDB SMA/SMK tidak dipungut Biaya,