News   2020/12/04 18:7 WIB

Polisi Periksa Panitia Lelang Proyek PDAM Durolis

Polisi Periksa Panitia Lelang Proyek PDAM Durolis
SPAM Durolis

PEKANBARU - Polda Riau saat ini telah memeriksa dugaan korupsi proyek PDAM Durolis (Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis) Mandau Bengkalis, sejumlah panitia lelang juga telah diperiksa oleh penyidik. 

"Memang benar, panitia lelang sudah dikonfirmasi terkait dokumen," ujar Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto pada media, Kamis 19 November 2020 kemarin.

Tim penyidik, baru memeriksa dua orang panitia lelang. "Baru dua orang yang sudah diklarifikasi," diakui Sunarto. Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimum) Polda Riau, Kombes Pol Andri Sudarmadji juga membenarkan hal tersebut. "Benar masih kami tangani," kata Andri.

Kabarnya pihaknya juga telah melakukan pemanggilan kepada pelaksana proyek tersebut, mantan Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Riau ini, mengiyakannya. "Benar, kami telah memanggil panitianya," ungkap Andri.

Pemanggilan tersebut masih sebatas dalam proses penelitian dokumen proyek tersebut. "Kita masih penelitian dokumen nya," singkatnya. Seperti diketahui, PDAM Kabupaten Bengkalis berencana memanfaatkan air curah SPAM Durolis untuk melayani 12.000 sambungan rumah (SR) di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menangapi proyek SPAM Durolis meminta pihak Balai Wilayah Sungai Sumatra Kementerian PUPR segera mengoperasikan penyediaan air bersih tersebut. "Proyek ini sudah dibangun dua tahun lalu, tapi karena ada masalah sehingga tahun ini belum difungsikan," kata Gubri Syamsuar saat meninjau proyek SPAM Durolis bersama Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto.

Menurutnya, proyek SPAM Durolis ini sudah lama ditunggu masyarakat di tiga daerah, yakni Dumai, Rohil dan Bengkalis. "SPAM ini sudah lama tunggu masyarakat. Kalau ini beroperasi bisa terbantu masyarakat mengatasi masalah air bersih," ujarnya.

SPAM Durolis merupakan proyek penyediaan air terbesar yang pernah ada di Provinsi Riau. Pemerintah Kabupaten sebelumnya juga mendukung rencana tersebut. PDAM meminta Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) dapat memfasilitasi kesepakatan tarif air curah SPAM Durolis antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan UPT Pengelolaan Air Minum SPAM Durolis.

SPAM Regional Durolis merupakan SPAM Regional yang dibangun dari dana APBN Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  dan APBD Provinsi Riau serta APBD Pemerintah Kabupaten offtaker (penerima manfaat) untuk mensuplai air baku pelayanan air minum di daerah. SPAM Regional Durolis tahap I yang ditargetkan beroperasi tahun 2019 lalu itu memiliki kapasitas 400 liter/detik yang akan dibagi ke tiga daerah yaitu untuk Kabupaten Bengkalis sebesar 150 liter/detik, Kabupaten Rokan Hilir 100 liter/detik dan Kabupaten Dumai 150 liter/detik. (*)

Tags : Proyek PDAM Durolis Riau, Polisi Periksa Panitia Lelang, ,