News   2022/12/31 17:39 WIB

Legislator Minta Polisi Perketat Pengamanan Malam Tahun Baru, 'yang Biasanya Rawan Insiden' 

Legislator Minta Polisi Perketat Pengamanan Malam Tahun Baru, 'yang Biasanya Rawan Insiden' 
Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Komisi I DPRD Riau meminta Polda Riau memperketat pengamanan malam pergantian tahun, karena biasanya rawan insiden atau tindak kejahatan. 

"Legislator minta Polda Riau perketat pengamanan malam Tahun Baru."

"Muspida atau koordinator keamanan dari Polda kan sudah membentuk pasukan atau tim yang disiapkan untuk menjaga keamanan," kata Sekretaris Komisi I DPRD Riau, Abdul Kasim, Jumat (30/12).

Ia juga mengimbau masyarakat atau warga yang beraktivitas agar selalu waspada. Sebab, aparat keamanan yang disiagakan juga kemungkinan terbatas untuk menjangkau kawasan-kawasan tertentu.

"Keamanan diberikan pemerintah tapi masyarakat harus waspada lagi. Kalau mau pulang kampung perhatikan rumah, intinya begitu," kata dia.

Diketahui, sebanyak 3.063 personel gabungan diturunkan dalam Operasi Lilin Lancang Kuning 2022.

Pasukan tersebut terdiri dari 1.188 personel polisi dan 1.875 personel dari instansi terkait itu dikerahkan untuk melakukan pengaman perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal mengungkapkan, pihaknya juga menyiapkan 56 pos pengamanan dan pos pelayanan yang disebar di beberapa titik yakni 34 pos pengamanan dan 22 pos pelayanan.

"Diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Nataru berjalan dengan kondusif," kata Iqbal saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lancang Kuning, Kamis (22/12/2022).

Sebelumnya Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal memimpin apel aparat gabungan. Apel untuk pengamanan malam pergantian tahun 2022 ini digelar di Halaman Kantor Gubernur Riau.

Dalam apel yang juga didampingi oleh Danrem Wira Bima ini menurunkan sebanyak 3000 ribu personel gabungan yang siap untuk mengamankan pergantian tahun.

Menurutnya, beberapa lokasi yang ia sebutkan itu merupakan tempat yang kerap masyarakat lakukan dalam malam pergantian tahun.

Kapolda juga minta agar masyarakat bisa melaksanakan malam pergantian tahun dengan baik, tertib dan aman. Karena, meski pihaknya sudah menyiapkan keamanan, tapi peran masyarakat sangat mendukung untuk cegah peristiwa yang tak diinginkan.

"Kita siapkan Tim mengantisipasi semua ini," pungkasnya. (rp.abd/*)
 

Tags : Malam Tahun Baru, Tahun Baru 2023, Polisi Perketat Pengamanan Malam Tahun Baru, Polisi Tempatkan Pengamanan Rawan Insiden, News ,