News Kota   2022/12/09 11:46 WIB

Polisi Ubah Dua Kampung yang Menyandang 'Image Buruk' Jadi Bersih dari Narkoba

Polisi Ubah Dua Kampung yang Menyandang 'Image Buruk' Jadi Bersih dari Narkoba

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dua wilayah Kelurahan Kampung Dalam di Kecamatan Senapelan dan kawasan Jalan Pangeran Hidayat (Panger) di Kecamatan Pekanbaru Kota selama ini menyandang image buruk dirubah menjadi bersih dari narkoba (Bersinar).

"Polisi ubah dua kampung yang menyandang image buruk jadi bersih dari narkoba."

"Ada dua tempat yang sudah dikelola dengan baik, pertama di Kampung Dalam dan Pangeran Hidayat. Di sana sudah ada upaya-upaya yang kita lakukan, mulai dari pendirian posko, pemasangan cctv untuk memantau kegiatan masyarakat di sana, dan upaya lainnya," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi padawartawan, Kamis (8/12).

Saat ini, dua kampung tersebut telah dicanangkan sebagai Kampung Bersinar (Bersih dari Narkoba). Hal ini juga masih berjalan dan ada sejumlah upaya yang telah dilakukan Polresta Pekanbaru untuk mewujudkannya.

Menurutnya, dengan adanya upaya-upaya tersebut, saat ini perlahan peredaran narkoba di kedua daerah tersebut sudah berkurang. Bahkan diperkirakan hanya tersisa 2-3 persen saja.

"Alhamdulillah dari pengamatan kita sudah jauh berkurang. Beberapa waktu yang lalu Kompolnas RI sudah berkunjung ke sini dan sudah kita tunjukkan upaya-upaya kita untuk meredam peredaran narkoba ini. Kita bawa ke kampung dalam. Dari pengakuan masyarakat memang sudah sangat jauh berkurang (peredaran narkoba di sana)," ujarnya.

"Bhabinkamtibmas juga setiap hari berkunjung ke sana dan menganalisis cctv yang ada. Dan kami juga sering melakukan FGD di sana dengan para tokoh masyarakat, pejabat kelurahan. Menyampaikan harus ada peran masyarakat untuk meredam peredaran narkoba di sana," tambahnya.

Masyarakat di daerah tersebut memang mendapatkan banyak dampak negatif dari image buruk tersebut. Salah satunya adalah sulitnya mendapatkan pekerjaan.

"Selama ini sebenarnya menjadi beban bagi warga di sana karena di cap sebagai kampung narkoba. Banyak yang mau melamar pekerjaan susah, karena yang akan menerima pekerjaan itu sebenarnya agak ragu-ragu kalau tau mereka orang kampung dalam atau pangeran hidayat," kata dia.

"Makanya masyarakat di sana juga komit untuk membantu mencegah peredaran narkoba di wilayah mereka itu," sambung Pria Budi.

Mantan Direktur Pamobvit Polda Riau itu juga telah menginstruksikan jajaran Polsek Senapelan dan Polsek Pekanbaru Kota untuk selalu memantau kegiatan masyarakat di daerah tersebut.

"Saya juga memerintahkan Kapolsek senapelan dan Kapolsek kota untuk berupaya, bagaimana merubah image kampung narkoba itu berubah menjadi kampung idaman," pungkasnya. (*)

Tags : Polisi Ubah Dua Kampung Bersinar, Kelurahan Kampung Dalam dan kawasan Jalan Pangeran Hidayat, Pekanbaru, Dua Kampung Menyandang Image Buruk, News Kota,