Headline Agama   2021/05/08 20:50 WIB

Populasi Muslim Jerman Bertambah dan Beragam

Populasi Muslim Jerman Bertambah dan Beragam

AGAMA - Kehidupan Muslim di Jerman telah menjadi jauh lebih beragam dalam beberapa tahun terakhir dan jumlah Muslim telah bertambah.

Salaam Gateway merilis, dalam edisi ketiganya, hasil studi Muslim Life in Germany 2020 oleh Research Center of the Federal Office for Migration and Refugees mengungkap ekstrapolasi Muslim dengan latar belakang migrasi. Ia juga menyajikan temuan ekstensif tentang integrasi, dan kehidupan sosial serta keagamaan umat Islam di Jerman, Kamis (6/5).

Sejak edisi terakhir dirilis pada tahun 2016, jumlah umat Islam telah meningkat sekitar 900 ribu. "Sasaran penting adalah memperbarui jumlah Muslim dengan latar belakang migrasi yang tinggal di Jerman,” kata Dr Axel Kreienbrink seorang pemimpin kelompok di pusat penelitian BAMF tentang studi setebal 240 halaman. "Basis data yang komprehensif membuat studi ini unik dan standar bekerja pada topik ini," jelasnya.

Menurut proyeksi para peneliti, saat ini terdapat antara 5,3 dan 5,6 juta Muslim yang tinggal di Jerman. Pangsa mereka dalam total populasi adalah antara 6,4 persen dan 6,7 persen, naik dari 5,4 persen dan 5,7 persen dibandingkan dengan sensus mikro 2015. Islam mewakili komunitas agama terbesar kedua di Jerman.

Populasi Muslim di Jerman menjadi lebih beragam dalam beberapa tahun terakhir sehubungan dengan imigrasi dari negara-negara Muslim terdekat dan Timur Tengah. Muslim dengan latar belakang migrasi dari Turki terus membentuk kelompok asal terbesar dengan 2,5 juta orang. Tetapi mereka tidak lagi menjadi mayoritas absolut dengan persentase 45 persen. 

Hampir 1,5 juta Muslim (27 persen) memiliki latar belakang migrasi dari negara berbahasa Arab di Timur Tengah (19 persen) atau Afrika Utara (8 persen). Negara asal yang dominan adalah Suriah dengan sekitar 730 ribu orang. Muslim Jerman adalah demografis muda, dengan hanya 5 persen lebih tua dari 64 tahun. Seperlima (21 persen) adalah anak-anak atau remaja di bawah usia 15 tahun. 22 persen lainnya berusia antara 15 dan 24 tahun.

Jumlah penduduk Republik Federal secara keseluruhan lebih tua, dengan proporsi penduduk berusia 64 tahun ke atas empat kali lipat lebih tinggi, yaitu 21 persen. Temuan penting lainnya terkait struktur sosial adalah bahwa hampir separuh umat Islam di Jerman atau 47 persen adalah warga negara Jerman. Menurut penelitian, di antara orang Kristen tanpa latar belakang migrasi, proporsi orang yang sangat atau lebih religius adalah 55 persen. Sebaliknya, 82 persen Muslim dan orang-orang dari negara asal masing-masing yang menganut agama yang berbeda mengatakan keyakinan mereka kuat atau mereka agak religius.

Aturan agama diintegrasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang berbeda. 39 persen Muslim sholat setiap hari, 25 persen tidak pernah sholat. "Secara keseluruhan, ini juga menunjukkan sehubungan dengan praktik keagamaan sehari-hari bahwa kehidupan Muslim di Jerman memiliki banyak segi dan generalisasi tidak mungkin atau tidak masuk akal," kata Katrin Pfundel, salah satu penulis laporan penelitian tersebut. 

Berkenaan dengan pendidikan sekolah, umat Islam masih memiliki beberapa hal yang harus dilakukan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki latar belakang migrasi. Catatan: Menurut definisi dalam mikrosensus, seseorang memiliki latar belakang migrasi jika mereka sendiri atau setidaknya salah satu orang tua tidak memiliki kewarganegaraan Jerman sejak lahir (Kantor Statistik Federal 2020d: 4). Konsep dan istilah telah dianggap sebagai non-inklusif dan diskusi sedang berlangsung tentang definisi dan terminologi baru.

Proporsi orang berusia di atas 16 tahun yang tidak memiliki ijazah sekolah lebih tinggi (16 persen dibandingkan 3 persen), dan tingkat pekerjaan lebih rendah, terutama bagi perempuan. Namun, jika orang dari negara Islam yang bukan Muslim dijadikan sebagai kelompok pembanding, maka kecenderungannya sama dengan kelompok penduduk Muslim. Misalnya, keterampilan bahasa Jerman, pendidikan dan keterlibatan kerja sangat mirip di kedua kelompok. Dengan temuan ini, maka peran agama dalam integrasi menjadi perspektif. Analisis tersebut menggambarkan pengaruh kuat faktor biografi migrasi pada banyak aspek integrasi, seperti lama tinggal atau alasan imigrasi. (*)

Tags : islam di jerman, populasi muslim jerman, muslim di jerman,