Pendidikan   2024/06/24 11:19 WIB

Disdik Buka PPDB Riau: Siswa Hanya Diberi Kelonggaran untuk Memilih Sekolah Sampai 29 Juni

Disdik Buka PPDB Riau: Siswa Hanya Diberi Kelonggaran untuk Memilih Sekolah Sampai 29 Juni
Roni Rakhmat, Kadisdik Provinsi Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru [PPDB} tingkat SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau resmi dimulai Jumat 21 Juni 2024.

Calon peserta didik dapat mengunggah dokumen persyaratan melalui aplikasi yang telah disiapkan oleh panitia dengan mengakses laman ppdb.riau.go.id.

Pelaksana Tugas [Plt} Kepala Dinas Pendidikan [Kadisdik] Provinsi Riau, Roni Rakhmat, mengungkapkan bahwa tahap pra pendaftaran ini memungkinkan calon peserta didik untuk membuat akun dan mengunggah dokumen yang diperlukan.

"Silakan akses laman ppdb.riau.go.id dan ikuti petunjuknya. Mulai hari ini, tahapan pra pendaftaran PPDB sudah dimulai, jadi calon siswa sudah bisa mengunggah dokumen yang dipersyaratkan," jelas Roni.

Tahap pra pendaftaran akan berlangsung hingga 24 Juni 2024. Roni mengimbau calon peserta didik untuk memanfaatkan waktu yang ada dengan baik.

"Jangan sampai pendaftaran sudah ditutup baru mau mendaftar," ujarnya.

Setelah tahap pengunggahan dokumen selesai, calon peserta didik dapat memilih sekolah yang diinginkan mulai 24 hingga 29 Juni 2024.

"Untuk pemilihan sekolah kita jadwalkan mulai tanggal 24 sampai 29 Juni," tambahnya.

Roni menegaskan bahwa khusus bagi calon peserta didik yang mendaftar di SMK, selain memilih sekolah, mereka juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

"Peserta didik boleh memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar ranking," ujarnya.

Setelah memilih sekolah, proses rekonsiliasi data akan berlangsung pada 30 Juni 2024. Pengumuman hasil PPDB dijadwalkan akan diumumkan pada 1 Juli 2024.

Dengan tahapan yang telah ditentukan, diharapkan seluruh calon peserta didik dapat mengikuti proses PPDB dengan lancar dan tepat waktu. Jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan SMA/SMK Negeri pilihan di Provinsi Riau.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, Roni Rakhmat, mengumumkan rencana untuk membuat komitmen bersama dengan berbagai pihak guna memastikan pelaksanaan PPDB yang bebas dari gratifikasi.

"Kami sudah menerima surat edaran dari KPK terkait pencegahan perilaku koruptif saat pelaksanaan PPDB. Sebagai tindak lanjut, kami akan segera membuat komitmen bersama dengan semua pihak terkait pelaksanaan PPDB yang bersih. Ini termasuk dunia pendidikan, aparat penegak hukum, LSM, media, dan masyarakat," ujar Roni Rakhmat.

Tahapan penerimaan PPDB tingkat SMA/SMK di Riau akan dimulai pada 21 Juni 2024 dengan tahap pra pendaftaran. Pada tahap ini, peserta didik sudah bisa mulai mengunggah dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang telah disiapkan oleh panitia.

Selanjutnya, pada 24-29 Juni, peserta didik dapat memilih sekolah yang diinginkan. Untuk peserta didik yang mendaftar di SMK, selain memilih sekolah, mereka juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

"Peserta didik yang mendaftar di SMK bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar ranking," tambah Roni.

Proses rekonsiliasi data akan dilakukan pada 30 Juni 2024. "Sesuai jadwal, pada 1 Juli 2024 kita akan umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau," jelas Roni.

Jalur masuk PPDB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Terdapat empat jalur utama, yaitu jalur zonasi (jarak dari sekolah ke rumah). Kemudian jalur afirmasi (siswa miskin), jalur perpindahan orang tua, dan jalur prestasi.

"Regulasi induknya tetap mengacu pada Permendikbud No 1 Tahun 2021, dengan penyesuaian kondisi kekinian," sebutnya.

Upaya ini merupakan bagian dari kolaborasi yang lebih luas untuk memastikan proses PPDB berjalan transparan dan akuntabel.

Dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat meminimalkan praktik koruptif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem pendidikan di Riau.

Dengan langkah ini, Disdik Riau berkomitmen untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang bersih dan bebas dari korupsi, demi masa depan generasi muda yang lebih baik.

Sedangkan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru [PPDB} tingkat SMA/SMK Negeri di Riau dikenal sebagai tahapan pra pendaftaran.

Plt Kadisdik Riau, Roni Rakhmat menjelaskan, pada tahap pra pendaftaran ini, peserta didik sudah bisa mengunggah dokumen-dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang telah disiapkan panitia dan dapat diakses melalui website ppdb.riau.go.id.

“Tahapan PPDB SMA/SMK sudah dimulai, para calon siswa sudah mulai bisa mengupload dokumen,” kata Roni, Kamis (20/6).

Setelah dokumen diunggah, pada tanggal 24-29 Juni 2024, peserta didik yang telah mendaftar bisa memilih sekolah yang diinginkan.

Khusus bagi peserta didik yang mendaftar di SMK, selain memilih sekolah, mereka juga harus memilih jurusan yang diinginkan.

"Khusus untuk yang mendaftar di SMK, peserta didik bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking," tambahnya.

Lebih lanjut, Roni menjelaskan bahwa setelah memilih sekolah, tahapan PPDB akan masuk ke proses rekonsiliasi data pada tanggal 30 Juni 2024.

"Sesuai jadwal pada tanggal 1 Juli 2024, kita akan umumkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri di Provinsi Riau," pungkasnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB Riau, PPDB Dibuka, Siswa Diberi Kelonggaran untuk Memilih Sekolah, Pendidikan,