Headline Pekanbaru   2022/12/08 10:6 WIB

PPPKM Level 1 Diperpanjang Hingga 2023, 'Jangan Kendor dan Tetap Jaga Jarak'

PPPKM Level 1 Diperpanjang Hingga 2023, 'Jangan Kendor dan Tetap Jaga Jarak'

PEKANBARU - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di Kota Pekanbaru diperpanjang, hingga Tahun 2023.

"PPPKM Level 1 diperpanjang Hingga 2023."

"Jadi berdasarkan salinan Inmendagri yang kita terima, penerapan PPKM level 1 ini masih berlanjut satu bulan ke depan," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Syoffaizal, Rabu (7/12).

Perpanjangan PPKM ini dilanjutkan karena pandemi Covid-19 masih berlangsung. Sesuai Inmendagri, PPKM Level 1 ini berlaku dari 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Ia menyebutkan, perpanjangan penerapan PPKM tersebut ditetapkan Pemerintah Pusat melalui Inmendagri Nomor 15 Tahun 2022 tentang PPKM level I.

Serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan. Untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Menurutnya, meski masih bertahan di PPKM Level 1, namun warga tetap diimbau dan diingatkan agar disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan di air yang mengalir.

"Sebab, kasus aktif Covid saat ini kembali meningkat. Karena itu, kita tidak boleh lengah dan harus tetap disiplin prokes," katanya.

Kemudian mengingat Kota Pekanbaru juga tengah memasuki musim pancaroba, warga diminta untuk waspada. Seperti menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

"Karena kalau fisik kita lemah, dikhawatirkan akan mudah terpapar covid dan berbagai penyakit lainnya," pungkasnya.

Diketahui, hingga saat ini jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Pekanbaru masih ratusan orang. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru per 5 Desember 2022, kasus konfirmasi Covid-19 mencapai 159 orang.

Sebanyak 140 orang melakukan isolasi mandiri dan 19 orang menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara untuk kasus harian saat itu bertambah 5 orang. Mereka yang positif menjalani isolasi mandiri. (rp.sul/*)

Tags : Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, PPPKM Level 1 Diperpanjang, Pekanbaru, PPPKM Level1Berlanjut Hingga 2023,