Politik   2024/02/18 18:30 WIB

Prabowo Subianto Politisi 'Darah Biru' Lahir dengan Masa Lalu Kelam, 'Tetapi Berhasil Duduki Kursi Pemerintahan Tertinggi di Indonesia'

Prabowo Subianto Politisi 'Darah Biru' Lahir dengan Masa Lalu Kelam, 'Tetapi Berhasil Duduki Kursi Pemerintahan Tertinggi di Indonesia'
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto

JAKARTA - Prabowo Subianto dua kali mencoba dan gagal maju di Pemilihan Umum [Pemilu] akhirnya berhasil menduduki kursi pemerintahan tertinggi di Indonesia.

Mantan letnan jenderal ini diketahui memperoleh tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) and kejahatan perang pada masa kelam di bawah rezim Suharto.

Tapi pada Rabu 14 Februari 2024 dia memenangi pemilihan presiden, mengalahkan dua pesaingnya: Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo – merujuk pada hasil hitung cepat sementara lembaga-lembaga survei.

Dalam Pilpres 2024, tak ada lagi sosok Prabowo Subianto yang senantiasa meledak-ledak dan nasionalis yang muncul pada kampanye-kampanye sebelumnya. 

Kali ini, Prabowo mengganti citranya menjadi bapak-bapak menggemaskan di TikTok, mengacungkan simbol hati dengan jari-jarinya, dan memamerkan tarian gemoy yang menjadi viral.

Strategi ini berhasil untuk kalangan pemilih muda – generasi yang nyaris tidak mendapat informasi tentang masa lalu Indonesia.

Beberapa pemilih pada hari-H Pemilu 2024 mengatakan bahwa mereka ingin orang yang kuat di kursi kepresidenan – seseorang yang bisa melanjutkan kebijakan-kebijakan Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo yang banyak diagungkan orang.

Sementara itu, sebagian lainnya khawatir jika negara ini kembali dipimpin seorang jenderal militer – Prabowo juga pernah menjadi menantu Suharto – maka Indonesia akan kembali tergelincir ke masa kelam.

Tumbuh dengan privilese dan masa lalu nan gelap

Prabowo, 72, punya rekam jejak HAM masa lalu yang mencengangkan di mata aktivis dalam dan luar negeri.

Tuduhan yang paling utama adalah bahwa Prabowo mengomandani satuan yang menculik dan menyiksa beberapa pejuang demokrasi menjelang masa akhir rezim Suharto pada akhir 1990an.

Dari 23 orang, beberapa selamat, satu meninggal dunia, dan 13 aktivis lainnya sampai sekarang masih hilang.

Dia kemudian dicopot dari militer dan mengasingkan diri ke Yordania pada 2000-an.

Beberapa tahun kemudian, dia kembali ke Indonesia dan membangun kekayaan di sektor kebun sawit dan pertambangan, sebelum terjun ke politik.

Sebagian orang mungkin menilai Prabowo merasa berhak memperoleh ruang di poros kekuasaan.

Secara politis, dia “berdarah biru” – lahir di keluarga elite yang sudah identik dengan politik Indonesia.

Ayahnya adalah ekonom terkemuka yang pernah menjadi menteri perdagangan dan menteri keuangan, sementara kakek Prabowo mendirikan bank BUMN pertama di Indonesia.

Prabowo kecil hidup di pengasingan bersama keluarganya di Swiss dan Inggris. Ini terjadi setelah sang ayah dituduh terlibat dalam pemberontakan separatis di Sumatra.

Dia pun bergabung ke militer setelah kembali ke Indonesia pada tahun 1970 – kariernya menanjak dengan cepat.

Pada 1980-an, Prabowo bersama unit khusus memerangi kelompok separatis di Timor Timur (sekarang Timor Leste). Para saksi mata menudingnya melakukan kebiadaban di sana dan di Papua.

Pada tahun 1983, Prabowo masuk ke lingkaran dalam Suharto dengan menikahi salah satu putrinya: Siti Hediati Hariyadi.

Pernikahan ini berlangsung selama 15 tahun – lalu kandas, seiring dengan berakhirnya rezim militer Orde Baru.

Prabowo kemudian memimpin sebuah satuan unit khusus yang dituduh menculik beberapa aktivis. Dia diberhentikan, tapi tidak pernah mendapat tuntutan hukum.

Pada hari-hari penuh kekacauan jelang akhir kepemimpinan Suharto, Prabowo juga dituduh memicu penjarahan di Jakarta yang membuat banyak minoritas Tionghoa menjadi korban.

Namun, Prabowo senantiasa menyangkal segala tuduhan ini.

Setelah kejatuhan Suharto, Prabowo pergi ke Yordania dan menghindar dari sorotan ketika Indonesia memasuki era demokrasi pada milenium baru.

Mantan petinggi militer ini pun dilarang masuk ke wilayah AS dan Australia karena masuk daftar hitam akibat rekam jejak HAM-nya. Pencekalan ini baru dihapus beberapa tahun belakangan.

Prabowo kembali ke Indonesia sebelum Pemilu 2009 berlangsung. Dia mendirikan partainya sendiri – Partai Gerindra – dan berkelindan dengan koalisi-koalisi untuk memulai karier politiknya

Pada Pemilu 2014 dan 2019, Prabowo bersaing dengan rivalnya saat itu, Jokowi, dalam pemilihan presiden yang berlangsung ketat. Dia kalah pada dua kesempatan.

Namun, setelah kericuhan dari para pendukungnya yang memprotes kekalahan Prabowo pada 2019 – 10 orang meninggal pada peristiwa ini – Jokowi membuat kesepakatan dengan Prabowo.

Prabowo pun masuk ke pemerintahan Jokowi dan menjadi menteri pertahanan.

Dia pun bebas untuk bepergian – dari Paris ke Washington ke Beijing – sebagai pejabat tinggi negara. Sanksi-sanksi dari Barat lenyap sudah.

“Penunjukan Prabowo memberikan sinyal mengkhawatirkan bahwa para pemimpin kita telah melupakan hari-hari kegelapan dan pelanggaran-pelanggaran terburuk yang dilakukan pada masa Suharto,” ujar direktur Amnesty International Usman Hamid kala itu.

“Ketika Prabowo memimpin unit-unit khusus, aktivis-aktivis hilang dan terdapat berbagai tuduhan penyiksaan dan perlakuan buruk.”

Prabowo sudah beberapa kali ditekan untuk menanggapi masa lalunya yang kelam. Dia menyangkal sebagian besar tuduhan dan ketika dia mengakui sebuah kejahatan – seperti penculikan, misalnya – dia kembali ke alasan klasik prajurit: dia hanya menjalankan perintah.

Dalam salah satu debat capres Pemilu 2014, Prabowo mengatakan dia menjalankan perintah atasannya.

Upaya Prabowo mengubah citra untuk Pemilu 2024 adalah salah satu strateginya yang sukses.

Akan tetapi, strategi yang paling krusial adalah dukungan dari mantan rivalnya, Jokowi, ketika Gibran Rakabuming Raka – putra sulung Jokowi –menjadi cawapres yang digandeng Prabowo.

Mahkamah Konstitusi mengubah persyaratan umur yang memungkinan Gibran Rakabuming Raka, 36 tahun, menjadi cawapres. Sebelumnya, hanya mereka dengan umur 40 tahun ke atas yang boleh mencalonkan diri.

Saudara ipar Prabowo, Anwar Usman, adalah Ketua Mahkamah Konstitusi saat keputusan diambil.

Sejumlah pihak menjelang pemilu menuduh Jokowi menyalahgunakan kekuasaannya dan mengintervensi proses pemilihan.

Mereka berargumen bahwa dia hanya ingin mempertahankan pengaruhnya di dunia politik.

Ini adalah kesepakatan yang menguntungkan Prabowo. Banyak pemilih berkata bahwa mereka percaya siapa pun yang didukung Jokowi.

Pada Rabu (14/02), hasil-hasil hitung cepat meski tidak resmi, menunjukkan strategi ini berjalan dengan baik.

Prabowo unggul dengan cepat, hampir 60% suara mendukungnya – pemilu pun tidak membutuhkan dua putaran.

Dalam pidatonya, Prabowo menyapa ribuan pendukungnya di Istora Senayan, Jakarta. Dia membawa-bawa kenangan masa lalu – termasuk makan siang bersama Suharto.

Seorang pemimpin dari era itu kembali ke puncak kekuasaan Indonesia.

Bagi banyak pejuang reformasi, apa yang sebelumnya dirasa tidak mungkin terjadi… terjadilah.

Profil Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, capres-cawapres yang ‘bertekad membebaskan Indonesia dari kemiskinan dan kelaparan’

“Kelihatannya, setelah ini jatahnya Pak Prabowo,” kata Presiden Joko Widodo dalam satu acara di Jakarta pada 2022 silam.

Pernyataan ini kemudian disambut tawa riuh dan tepuk tangan hadirin, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang secara spontan berdiri dari kursinya dan memberi hormat ke arah Jokowi.

Sinyalemen dukungan Jokowi kepada Prabowo yang jauh sebelum ramai pendaftaran capres-cawapres ke KPU, kemungkinan menjadi penambah daya percaya diri bagi pria 72 tahun ini untuk kembali berkontestasi dalam putaran Pilpres 2024.

Bagaimana tidak, dalam karir politiknya, Prabowo Subianto sudah kenyang dengan pengalaman kekalahan: Pilpres 2004 kalah pada penjaringan konvensi capres di Golkar; Pilpres 2009 kalah lagi saat menjadi pendamping Megawati Soekarnoputri; Pilpres 2014 dan 2019 sama-sama dikalahkan Joko Widodo.

Di sisi lain, nama Prabowo Subianto sudah melekat di papan-papan iklan sejak lama, dan menjadi ingatan kolektif banyak orang. 

Hal ini setidaknya dibuktikan melalui jajak pendapat yang dilakukan lembaga-lembaga survei. Hasilnya, Prabowo Subianto selalu menduduki peringkat pertama sebagai capres yang keluar dari jajak pendapat.

Bahkan dalam pernyataan terbarunya, pria kelahiran Jakarta ini meyakini akan lolos satu putaran dalam Pilpres 2024.

"Kita tidak akan dua putaran, satu putaran... semua survei sudah mengatakan kita akan satu putaran," ucapnya saat berkampanye di Kalimantan Selatan, (20/01) seperti dikutip dari Detik. 

Sosok yang satu ini memiliki perawakan cukup spontan dan apa yang disebut 'taktis', mengingat pengalaman hampir tiga dekade di dunia kemiliteran.

Dalam salah satu pidato Prabowo bersama pendampingnya, Gibran Rakabuming Raka, Prabowo sempat menyampaikan tekadnya untuk membawa "Indonesia bebas dari kemiskinan dan kelaparan, serta kurang gizi".

“Itu sumpah kami pada rakyat indonesia. Seluruh jiwa raga kami untuk rakyat Indonesia,” kata Prabowo dalam deklarasi capres-cawapres di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (25/10).

Siapa Prabowo Subianto?

Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir di tengah lingkungan intelektual dan keberagaman.

Ayahnya, Soemitro Djojohadikusumo seorang ekonom terkemuka sekaligus politikus Partai Sosialis Indonesia - sempat menjadi menteri keuangan di era Soekarno dan menteri perdagangan di era Soeharto. Ibunya bernama Dora Soemitro, perempuan Kristen Protestan berdarah Minahasa.

Ia merupakan anak ketiga dengan dua kakak perempuan bernama Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati. Dan, adik laki-lakinya Hashim Djojohadikusumo. 

Berdasarkan silsilahnya, keluarga Djojohadikusumo merupakan keturunan dari Raden Tumenggung Kertanegara yang merupakan panglima laskar Pangeran Diponegoro.

Masa kecil Prabowo dan keluarganya banyak dihabiskan di luar negeri, terutama ketika ayahnya terlibat menentang pemerintah Presiden Soekarno dalam Pemerintahan Revolusioner di Sumatera.

Latar belakangnya adalah pemerintah pusat terlalu mengistimewakan Jawa dibandingkan daerah lain.

Dalam sejumlah sumber disebutkan, sekolah Prabowo berpindah-pindah dari Malaysia, Swiss, sampai Inggris. Hingga akhirnya, ketika pemerintahan Orde Lama tumbang digantikan Orde Baru, keluarga Soemitro kembali ke Indonesia.

Prabowo mengukuhkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) di Magelang, Jawa Tengah pada 1970.

Setelah lulus, ia kemudian bergabung dengan Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassanda) – pasukan elit Angkatan Darat yang menjadi cikal bakal Kopassus.

Tugasnya saat itu menjadi komandan pleton pada Grup I/Para Komando yang menjadi bagian dari pasukan operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

Pada Mei 1983, Prabowo menikah dengan Siti Hediati Hariyadi, putri dari Presiden Soeharto. Keduanya kemudian dikaruniai seorang anak Ragowo Hediprasetyo atau lebih dikenal dengan Didiet.

Sejak pernikahan ini, karir militer Prabowo makin moncer. Tahun 1985, Prabowo menjadi wakil komandan Bayalyon Infanteri Lintas Udara 328, dan 1991 ia menjabat Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17 yang bermarkas di Cijantung.

Dua tahun setelah itu, Prabowo kembali ke pasukan khusus yang sudah berganti nama menjadi Kopassus. Pada puncaknya, Prabowo diangkat menjadi Komandan Jenderal Kopassus dengan pangkat Mayor Jenderal pada 1995.

Pada detik-detik periode lengsernya Soeharto hingga Mei 1998 inilah terkuak tuduhan terhadap Prabowo dalam penculikan sejumlah aktivis.

Sampai akhirnya, dia harus diberhentikan dari dinas kemiliteran. Di periode ini Prabowo juga bercerai dengan istrinya.

Setelah berhenti dari dinas kemiliteran, Prabowo merintis usaha di Yordania dan Jerman, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia dan mendirikan Gerindra pada 2008.

Di Indonesia, perusahaan yang digawangi Prabowo bergerak di bidang minyak kelapa sawit, migas, pertambangan, kehutanan, pertanian dan pulp serta perikanan.
Kontroversi Prabowo

Dewan Kehormatan Perwira (DKP) menggelar sidang pada Agustus 1998 yang hasilnya menjatuhkan sanksi administrasi kepada Prabowo berupa pemberhentian dari dinas kemiliteran.

Sidang ini terkait dengan kasus hilangnya sejumlah aktivis politik yang dilakukan anggota Kopassus dan Prabowo.

Tak bisa dipungkiri, kasus yang dinilai sejumlah kalangan ini belum tuntas karena tidak mengurai kebenarannya, selalu menjadi isu setiap pemilu yang diikuti Prabowo Subianto.

Dalam satu debat Pilpres 2024, Ganjar Pranowo bertanya-tanya apakah Prabowo akan membuat pengadilan HAM apabila terpilih sebagai presiden, dan apakah Prabowo bisa membantu menemukan kuburan 13 aktivis yang hilang agar keluarga korban bisa berziarah?

Prabowo menganggap pertanyaan Ganjar kepadanya terkait penuntasan kasus pelanggaran HAM masa lalu bersifat "tendensius" dan selalu muncul "setiap lima tahun".

Menanggapi itu, Ganjar menilai Prabowo "tidak punya ketegasan" dalam mengatasi kasus-kasus HAM masa lalu. 

Dalam kontroversi lainnya, Prabowo Subianto selaku menteri pertahanan memasang iklan besar di surat kabar Kompas cetak sehari setelah debat. Hal ini menurut pengamat politik, bisa mencederai kesetaraan dan keadilan kompetisi Pilpres, karena anggarannya itu berasal dari uang negara.

Dalam hal-hal kontroversi kecil lainnya, Prabowo juga sempat menjadi sorotan saat mengeluarkan pernyataan: "Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik? etik, etik, etik. Ndasmu etik (etik kepalamu)," kata Prabowo dalam video viral tersebut, sebagaimana dikutip dari Kompas.

Kebijakan Prabowo sebagai menteri pertahanan untuk mengembangkan proyek lumbung pangan (food estate) menjadi bahan serangan dari kalangan rivalnya.

Ratusan hektar dari proyek ini tidak menghasilkan singkong, yang kemudian diubah dengan tanaman jagung dengan polybag 'untuk menutupi kegagalan sebelumnya'.

Kontroversi lainnya adalah saat Prabowo mengajukan proposal gencatan senjata dalam perang Ukraina-Rusia di forum International Institute for Strategis Studies (IISS) Shanri-La Dialogue 2023 di Singapura.

Namun, usulan itu disebut Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov sebagai aneh dan diduga seperti saran Rusia. Hal ini terjadi pada 3 Juni 2023.

Namun belakangan, Prabowo telah mengklarifikasi pernyataan tersebut melalui duta besar Ukraina di Indonesia, Vasyl Hamianin.

"Saya puas dengan klarifikasinya," kata Vasyl seperti dikutip Detik.

Terlepas dari segala kontroversinya, terdapat klaim yang menempatkan prestasi Prabowo selama menjabat sebagai menteri pertahanan.

Pertama, adanya penetapan komponen cadangan (komcad) TNI sebagai kekuatan militer tambahan – meskipun ini dikhawatirkan aktivis.

Lalu, disebut juga Prabowo berhasil melakukan modernisasi persenjataan di seluruh matra, pengembangan industri pertahanan PT. Pindad dengan produksi kendaraan Taktis 4x4 "Maung", dan membangun Kapal Fregat Merah putih yang dikembangkan PT. PAL Indonesia.

Pencitraan Prabowo

Prabowo tampil sebagai seorang pria tua yang menggemaskan, yang oleh publik disebut sebagai El Gemoy. Tampilannya diperhalus dengan bantuan kecerdasan buatan yang telah menghiasi spanduk kampanye sampai sudut kota dan pedesaan.

Kucing juga merupakan bagian dari kampanye media sosial Prabowo. Bobby, kucing hitam dan putih miliknya, memiliki akun Instagram yang dikurasi dengan baik dan menggambarkan dirinya sebagai "patriot".

Kemudian ada video TikTok yang menampilkan Prabowo melakukan gerakan khasnya – gerakan silat – atau melemparkan tanda hati ke arah penonton.

Tanggapan yang luar biasa telah menjulukinya sebagai "gemoy", julukan untuk semua hal yang menggemaskan.

Harta kekayaan Prabowo

Harta kekayaan Prabowo Subianto mencapai Rp2,04 triliun, berdasarkan LHKPN yang dirilis KPK. Dia yang paling tajir di antara capres-cawapres lainnya.

Paling banyak hartanya dalam bentuk surat berharga Rp1,7 triliun serta aset berupa tanah dan bangunan.

Dalam pemilihan presiden kali ini, Prabowo akan didampingi oleh Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi.

Sempat mengatakan tidak tertarik dengan politik dan menolak mencalonkan diri sebagai kepala daerah di Solo pada 2015, Gibran kini menjadi calon wakil presiden Prabowo – yang ironisnya, adalah rival dari bapaknya pada Pemilu 2019.

Gibran pernah mengaku lebih ingin fokus mengurus bisnisnya ketimbang terjun ke politik. Hal ini berubah saat dirinya akhir maju di pemilihan walikota Surakarta pada 2020.

Gibran maju sebagai calon walikota setelah menjadi anggota PDI-P. Dia menang telak dari lawannya, Bagyo Wahyono, yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang jahit. 

Ayah Gibran, Jokowi, sebelumnya menjabat sebagai Walikota Surakarta dari 2005 sampai 2012 sebelum kemudian menjadi Gubernur Jakarta kemudian Presiden.

Terpilihnya Gibran sebagai cawapres untuk Prabowo Subianto seolah ‘mengonfirmasi’ tudingan ‘dinasti politik’ terhadap kubu Jokowi.

Adik bungsu Gibran, Kaesang Pangarep, juga terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan menjadi Ketua Umum PSI pada 25 September 2023.

Siapa Gibran Rakabuming Raka?

Lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987, Gibran adalah putra sulung Jokowi dan Iriana.

Sebagai putra dari pebisnis furniture yang sukses, Gibran kecil menikmati kesempatan bersekolah di luar negeri. Dia bersekolah di Orchid Park Secondary School (setara SMA).

Di tingkat kuliah, Gibran memperoleh gelar sarjana dari Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada 2007. Tiga tahun kemudian, dia menamatkan studi di University of Technology Sydney (UTS Insearch) di Sydney, Australia.

Gibran menikahi Selvi Ananda pada 2015. Keduanya dikaruniai dua anak yakni Jan Ethes Srinarendra yang lahir pada 2016 dan La Lembah Manah, yang lahir 2019.

Kepulangan Gibran ke Indonesia setelah menamatkan studinya seiring dengan terpilihnya Jokowi sebagai Presiden untuk pertama kalinya pada 2014.

Gibran lebih dikenal sebagai entrepreneur sebelum terjun ke politik praktis. Beberapa bisnis yang dijalankannya antara lain bisnis katering Chilli Pari, berjualan martabak Markobar, juga aplikasi kuliner Goola dan aplikasi pencari kerja Kerjaholic.

Gibran bersikeras tidak pernah mendapat privilese dalam bentuk apa pun meski berstatus anak Presiden. Dia juga sempat bersikukuh tidak akan terjun ke politik. Alasannya? Tidak ingin ada konflik kepentingan. 

Semuanya berubah pada 2020 ketika dia bergabung ke PDI-Perjuangan untuk maju sebagai Walikota Surakarta.

Terpilihnya Gibran tidak dinyana strategis. Jokowi telah memimpin selama dua periode sehingga tidak bisa kembali mencalonkan diri.

Prabowo, yang tadinya rival dan kini menjadi aliansi Jokowi, juga membutuhkan Gibran untuk memantapkan posisinya pada Pemilu 2024.

Keputusan untuk mencalonkan Gibran juga mencegah mereka yang secara tradisional mendukung kandidat mana pun yang diusung PDI-P untuk berpindah ke Prabowo-Gibran.

Kontroversi: Putusan MK dan

Majunya Gibran sebagai cawapres sendiri sebenarnya sudah sebuah kontroversi.

Usia Gibran, 36 tahun, sebetulnya di bawah aturan batas umur yaitu 40 tahun. Sebuah putusan Mahkamah Konstitusi membuka pintu bagi Gibran untuk maju dalam pertarungan Pilpres 2024.

Anwar Usman, Ketua MK saat itu, adalah paman Gibran. Dia kemudian digantikan Suhartoyo dan tersandung pelanggaran etik terkait dengan putusan soal perubahan batas usia ini.

Tidak berhenti sampai di situ.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari dan anggota KPU lainnya juga diberi sanksi keras karena melanggar kode etik terkait proses pendaftaran Gibran – masih soal batas usia. 

Berapa kekayaan Gibran?

Menurut data KPK, harta kekayaan Gibran mencapai Rp25,54 miliar per laporan tanggal 24 Oktober 2023. Gibran saat itu melaporkan kekayaannya saat mendaftar ke KPU sebagai cawapres.

Sebelumnya, pada 31 Desember 2022, kekayaan Gibran mencapai Rp26,03 miliar dalam laporan periodik sebagai Walikota Surakarta.

Mengapa disebut pasangan capres-cawapres paling 'segar'?

Silvanus Alvin, pengamat komunikasi politik dari Universitas Multimedia Nusantara, menilai Prabowo-Gibran memang yang paling “segar” dari segi komunikasi politik.

“Karena mereka mengedepankan narasi gemoy serta budaya anime untuk menarik perhatian generasi muda, baik millennial dan gen-Z,” ujar Silvanus.

Silvanus pun mengakui kans dari Prabowo-Gibran saat ini di atas kertas begitu kuat.

“Apalagi beberapa lembaga politik menyebut bahwa Paslon ini kerap trending di medsos atau sering FYP [For You Page] di TikTok.

"Berangkat dengan fakta bahwa Pemilu kali ini yang didominasi anak muda, maka ini jadi modal kuat Paslon 02,” ujar Silvanus.

Kendati demikian, Silvanus mencatat dinamika politik menjelang hari-H pada Pemilu 2024 dihiasi dengan respon yang kurang positif terhadap paslon ini.

Hal ini, sambung Silvanus, bisa saja mengurangi elektabilitas Prabowo-Gibran. (*)

Tags : Prabowo Subianto, Pilpres 2024, Indonesia, Pemilu 2024, Politik, Populisme Prabowo Subianto Djojohadikusumo, Politisi Darah Biru, PrabowoLahir Ditengah Lingkungan Intelektual dan Keberagaman, Politik ,