Linkungan   2024/07/21 11:29 WIB

Cuaca Riau Diprediksi Minim Potensi Hujan, BMKG: 'Masih Cerah Berawan Sepanjang Hari'

Cuaca Riau Diprediksi Minim Potensi Hujan, BMKG: 'Masih Cerah Berawan Sepanjang Hari'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)  catat Provinsi Riau minim potensi hujan.

"Riau minim potensi hujan masih cerah berawan sepanjang hari."

"Pagi, siang hingga malam tidak ada potensi hujan. Suhu udara maksimal bisa mencapai 33 derajat celcius," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Elisa JS Kedang, Minggu (21/7).

Pagi hingga malam hari, diprediksi cuaca cerah hingga panas terik. Elisa JS Kedang menyebut, pagi hari hujan ringan yang tidak merata diprediksi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, dan Kampar.

Untuk kelembapan udara 55 – 95 persen, dengan arah angin Tenggara-Barat Daya 10 – 30 km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (rendah).

Pihak BMKG juga memprediksi cuaca di Provinsi Riau sebelumnya pada hari ini, Kamis 18 Juli 2024 masih didominasi cerah berawan.

"Meskipun tidak ada peringatan dini yang dikeluarkan, masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan perubahan cuaca yang tiba-tiba," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, M Ibnu Amiruddin.

Ibnu mengatakan, pada pagi hari, kondisi cuaca diprediksi akan kabur dan cerah berawan.

Memasuki siang hari, cuaca di sebagian besar wilayah Riau diperkirakan cerah hingga cerah berawan. Suhu udara akan berkisar antara 22.0 hingga 34.0 °C dengan kelembapan udara 55-98 persen.

"Angin bertiup dari Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam," tambahnya.

Pada sore hingga malam hari, cuaca umumnya tetap cerah hingga cerah berawan. Namun, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan terjadi di beberapa wilayah, yaitu Kabupaten Kampar, Kuansing dan Inhil.

"BMKG mengingatkan warga di wilayah-wilayah tersebut untuk membawa perlengkapan hujan jika beraktivitas di luar rumah," sebutnya.

Menjelang Jumat (19/7/2024) dini hari, kondisi cuaca diperkirakan akan kembali kabur dan cerah berawan. Tidak ada peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG untuk periode ini.

Untuk wilayah perairan Provinsi Riau, prakiraan tinggi gelombang berkisar antara 0.50 – 1.25 meter (rendah). Namun, masyarakat dan nelayan diimbau untuk tetap waspada terhadap gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1,5 meter di wilayah perairan Timur Bintan, Timur Lingga, dan Perairan Utara Bangka.

Dengan prakiraan cuaca yang cukup beragam ini, BMKG mengimbau seluruh masyarakat Provinsi Riau untuk selalu memantau perkembangan cuaca dan tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang dapat terjadi sewaktu-waktu. (*)

Tags : badan meteorologi klimatologi geofisika, bmkg, riau, cuaca riau minim hujan, riau masih cerah berawan,