Politik   2020/12/05 13:19 WIB

Bawaslu Periksa Pria Siak Berfoto dengan Uang dan Pegang Atribut Paslon

Bawaslu Periksa Pria Siak Berfoto dengan Uang dan Pegang Atribut Paslon
Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan

PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Gakkumdu memeriksa dua orang pria yang fotonya viral tengah memegang atribut salah satu Paslon Bupati Siak dengan uang berhamburan di depannya.

"Saya sudah tanyakan ke Ketua Bawaslu Siak, mereka sedang menelusurinya. Satu orang sore kemarin sudah dipanggil. Tadi malam satu lagi sebagai pengembangannya. Dan satu lagi yang mengambil gambar hari ini kita panggil," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, Sabtu (5/12/2020).

Rusidi mengatakan, pihaknya melalui Bawaslu Kabupeten Siak tengah memeriksa kedua pria tersebut. Ini dilakukan karena ada dugaan money politic yang dilakukan keduanya.Rusidipihaknya belum dapat memastikan apakah kedua pria yang ada dalam foto tersebut benar terlibat money politic atau tidak. "Hasilnya nanti akan kita rilis," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak, Riau, mencari dua orang pria yang memaerkan duit saat berfoto sambil menggunakan atribut pasangan calon Bupatii Wakil Bupati Siak. Foto yang viral itu tampak tumpukan uang pecahan Rp50 dan Rp100 ribu di atas meja beralaskan atribut Calon Bupati Siak nomor urut 01, Sayed Abubakar A Assegaf atau SAA. Tampak juga baju warna hitam bertuliskan 'Siak Rumah Kita'. 

Panwascam Bungaraya juga mengetahui dua orang di dalam foto itu. Dalam foto itu juga terlihat dua orang memegang bungkusan yang diduga berisikan jilbab warna pink. Bungkusan itu terlihat ada foto calon Bupati dan Wakil Bupati Siak, Sayed-Reni dan dua logo partai pendukung mereka, Demokrat dan PKS. Dua orang itu diduga merupakan warga Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, "jika alasannya hanya main-main, tetap diperiksa dan diproses. Sebab ada tadi yang telepon saya, bahwa itu hanya sekedar main-main. Walau main-main tetap diproses sebab kita tidak pakai cara main-main semua ada prosedurnya sebaliknya jika ada indikasi pelanggaran Pilkada akan diproses," kata Ketua Bawaslu Siak, M Royani, Jumat (4/12).

Menurut Royani, perbuatan kedua pria itu terindikasi pelanggaran Pilkada. Dia akan memproses keduanya jika benar-benar terbukti bersalah. Bawaslu Siak sedang menelusuri peran kedua orang di dalam foto tersebut terhadap Paslon nomor 01, Sayed-Reni. "Terlebih dahulu kita telusuri dulu, siapa mereka, apakah mereka timses atau bagaimana. Tapi perlu saya sampaikan, bahwa yang memeriksa mereka nanti Panwascam Bungaraya ya," jelasnya. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Dua pria berfoto dengan uang, pegang atribut paslon, pelanggaran pilkada di siak,