Artikel   2024/10/19 15:30 WIB

Program Samsat Bengkalis pada Pajak Daerah Sangat Bermanfaat Bagi Pengguna Kenderaan, Kata KUPT Samsat Rumbaizal

Program Samsat Bengkalis pada Pajak Daerah Sangat Bermanfaat Bagi Pengguna Kenderaan, Kata KUPT Samsat Rumbaizal
Kepala UPT Samsat Bengkalis, Rumbaizal

RUMBAIZAL, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Bengkalis mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program Berkah Pajak Daerah yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Oendaoatan Daerah (Bapenda) Riau.

"Tahun 2023 lalu Samsat Bengkalis jalankan program 7 Berkah, kini untuk 2024 kembali diluncurkan program 5 Berkah untuk Pajak Daerah yang sangat bermanfaat bagi pengguna kenderaan."

"Kemarin (2023) program 7 Berkah Pajak Daerah sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya pengguna kenderaan. Kini kembali (2024) program 5 Berkah diluncurkan. Ini juga kewajiban bagi pengguna untuk meringankan bagi membayar pajak kenderaan," kata Rumbaizal mengulang pesannya ini seperti tadi Sabtu (19/10). 

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Riau melalui Bapenda Riau terus menggalakkan program  Berkah Pajak Daerah Riau tentang kewajiban pajak.

Rumbaizal mengungkapkan dengan perpanjangan-perpanjangan waktu pembayaran sudah merupakan keringanan bagi wajib pajak.

Masyarakat yang belum sempat memanfaatkannya berbagai program yang dibuat pada periode pertama, pemerintah kembali kembali memperpajang waktu sesi pembayaran/pelunasan pajak.

"Untuk itu masyarakat agar segera ke kantor samsat Bengkalis untuk membayar pajak kendaraannya," ajaknya.

Program 5 Berkah Pajak Daerah Riau dengan tagline "Lebih Baik” untuk keringanan pajak yang dibuat masih tetap seperti di periode awal.

Program 7 Berkah Pajak Daerah Riau tahun kwmarin (2023) dengan lima pembebasan dan dua pengurangan pajak daerah yang terdiri dari, bebas denda pajak kendaraan bermotor, bebas BBNKB II (khusus kendaraan pembuatan sebelum tahun 2022).

Kemudian bebas denda BBNKB II, bebas BBNKB kendaraan hasil lelang dan kendaraan yang sudah lama tidak melakukan registrasi ulang, bebas pokok pajak kendaraan bermotor terutang tahun ke-4 , tahun ke-5 dan seterusnya.

Selanjutnya, kata dia diskon 50 % pokok pajak kendaraan bermotor tahun pertama bagi wajib pajak berbadan usaha yang melakukan mutasi masuk (khusus kendaraan pembuatan sebelum tahun 2022), pengurangan besaran perhitungan sanksi administrasi/denda pajak kendaraan bermotor menjadi 2% perbulan (berlaku setelah 6 point kebijakan di atas berakhir). 

Jadi, kata Rumbaizal, kepada para pelaku usaha juga bisa memanfaatkan program  Berkah Pajak Daerah Riau itu, karena ada banyak manfaat serta keuntungan yang bisa di dapat. 

Program 7 Berkah Pajak Daerah Riau, kata Rumbaizal lagi, kemarin itu dimulai dilaksanakan pada awal bulan Februari 2023 lalu, program ini sendiri merupakan wujud perhatian Gubernur Riau dalam rangka meringankan beban masyarakat terkait akan segera diterapkannya sanksi penghapusan data kendaraan bermotor melalui pasal 74 UU NO 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Sedangkan program 5 Berkah Pajak Daerah Riau yang diberlakukan sejak Senin 9 September 2024 yakni:

  • Pengurangan Ssebesar 10 persen pokok PKB dan Pembebasan BBNKB Penyerahan Kedua dan seterusnya
  • Pengurangan sebesar 50 persen Pokok PKB dan Pembebasan BBNKBPenyerahan Kedua dan seterusnya
  • Pembebasan Atas BBNKB Penyerahan Kedua dan seterusnya
  • Pembebasan Sanksi Administrasi PKB Kepada Wajib Pajak Yang Tidak Membayar Sampai Dengan Berakhirnya Masa Pajak
  • Pembebasan Sanksi Administrasi BBNKB Kepemilikan Kedua dan seterusnya

(*)

Tags : kepala unit pelaksana teknis, kepala upt samsat bengkalis rumbaizal, program 7 berkah pajak daerah, pengguna kenderaan ,