Pendidikan   2024/09/01 9:6 WIB

Program Beasiswa akan Dihapus, Dewan: Bagi Mahasiswa Keluarga Tak Mampu dan Berprestasi Harus Diprioritaskan

Program Beasiswa akan Dihapus, Dewan: Bagi Mahasiswa Keluarga Tak Mampu dan Berprestasi Harus Diprioritaskan
Ilustrasi beasiswa

PEKANBARU - Anggota Komisi III Pekanbaru, Zulkarnain mengkritisi terkait kabar akan dihapuskannya program beasiswa di Pekanbaru.

"Tahun 2025 program beasiswa akan dihapus."

"Semoga info itu hanya sekedar sebagai isu saja. Kenapa? Karena beasiswa ini sangat dibutuhkan bagi dunia pendidikan dan masyarakat di Pekanbaru," kata Zulkarnain, Selasa (27/8).

Zulkarnain meminta program beasiswa pendidikan untuk mahasiswa dari keluarga tak mampu dan mahasiswa berprestasi harus tetap menjadi prioritas yang dianggarkan dalam APBD Pekanbaru setiap tahunnya.

Zulkarnain menyebut, program beasiswa pendidikan untuk mahasiswa dari keluarga tak mampu dan mahasiswa berprestasi harus tetap menjadi prioritas yang dianggarkan setiap tahunnya.

"Kalau segala sesuatu yang sudah baik, harapan kita tentu terus berlanjut. Siapa pun kepala daerahnya nanti, kita mengharapkan program beasiswa itu tetap berlanjut," ucapnya.

"Seharusnya volume program beasiswa itu bisa lebih ditingkatkan. Baik jumlah penerima maupun jumlah nilai atau anggarannya," sambungnya.

Zulkarnain menyadari, kondisi keuangan Pemko Pekanbaru saat ini masih minim.

Beasiswa pendidikan masih berpeluang untuk diprogramkan kembali, sebab saat ini Banggar DPRD Pekanbaru bersama TAPD tengah melakukan rapat pembahasan R-APBD 2025.

"Sebetulnya ini wilayah Banggar, walaupun beasiswa pendidikan ada di bidang Komisi III. Rapat Banggar masih berlangsung sampai saat ini, dan yang setau saya namanya anggaran untuk pendidikan itu adalah amanat UU jadi pemerintah daerah harus patuh dan menjalankannya," tegasnya.

Politisi PPP ini juga merasa aneh jika program beasiswa pendidikan tidak dianggarkan oleh Pemko Pekanbaru di tahun 2025.

Pasalnya, di setiap kabupaten/kota di Indonesia menganggarkan beasiswa untuk membantu meringankan mahasiwa sekaligus memotivasi dalam meningkatkan kualitas SDM.

Jangankan Pekanbaru, setiap kabupaten juga menganggarkan beasiswa yang untuk membantu para orangtua memberikan motivasi kepada pelajarnya untuk bisa meningkatkan SDM kualitasnya dengan motivasi adanya beasiswa.

"Beasiswa se-ndonesia itu ada. Kenapa Kota Pekanbaru itu tidak ada? Jadi harapannya yang diinfokan itu cuma sekedar isu saja," tutup Zulkarnain. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : program beasiswa, mahasiswa keluarga tak mampu, mahasiswa berprestasi, beasiswa diprioritaskan keluarga tak mampu, pendidikan,