News Kota   2023/09/15 19:20 WIB

Proposal Bantuan untuk Bangun Pasar Cik Puan Belum Dibalas Kemendag, 'yang Butuh Anggaran Rp80 M'

Proposal Bantuan untuk Bangun Pasar Cik Puan Belum Dibalas Kemendag, 'yang Butuh Anggaran Rp80 M'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Proposal Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke Kementerian Perdagangan [Kemendag] soal bantuan pembangunan Pasar Cik Puan belum mendapatkan jawaban.

"Proposal bantuan untuk bangun Pasar Cik Puan belum dibalas Kemendag."

"Harapan kita dengan upaya-upaya dari pak wali supaya (bantuan anggaran) dapat segera terwujud ya," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan [Disperindag] Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Kamis (14/9).

Pemko Pekanbaru masih berharap agar pembangunan Pasar Cik Puan yang terbengkalai dibantu oleh Pemerintah Pusat.

Pasalnya, untuk melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan tersebut membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Karena itu, Pemko Pekanbaru membuat proposal kepada Pemerintah Pusat untuk membantu pembangunan pasar tersebut.

Dalam prosesnya, Pemko Pekanbaru telah menyampaikan proposal bantuan tersebut dan bahkan langsung kepada Presiden RI Joko Widodo.

Awalnya kata Zulhelmi Arifin, Pemko diinformasikan oleh Pemerintah Pusat akan ada bantuan untuk revitalisasi pasar.

Rencananya bantuan ini bakal diberikan untuk Pasar Bawah, dan ternyata Pasar Bawah telah dikelola pihak swasta melalui Kerjasama Pemanfaatan (KSP).

Menurutnya, ada kesalahan informasi untuk pemberian bantuan yang seharusnya untuk Pasar Cik Puan, namun dalam administrasi ditujukan untuk Pasar Bawah.

"Jadi yang dimaksud itu (beri bantuan) adalah Pasar Cik Puan. Beberapa waktu lalu kami juga diundang Kementerian PU untuk menyampaikan tentang ini. Apalagi sertifikat Pasar Cik Puan itu sudah terbit," katanya.

Pemko Pekanbaru juga melakukan upaya komunikasi ke pemerintah pusat, agar permintaan bantuan anggaran bisa segera terealisasikan. Di mana untuk melanjutkan pembangunan itu butuh anggaran puluhan miliar.

Sementara itu sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, bahwa proposal bantuan dana sudah dikirim ke pemerintah pusat. Jumlah dana proposal yang diajukan ke Kementerian Perdagangan sekitar Rp80 miliar.

"Kita sudah ajukan. Kalau nggak salah nilai proposalnya itu sekitar Rp80 miliar," ujar Muflihun.

Muflihun menyebut, pemerintah kota sudah dua kali meminta bantuan ke pemerintah pusat. Pertama proposal bantuan ke Kementerian Perdagangan dan yang kedua langsung kepada Presiden.

"Kita sudah masukkan ke Kementerian dan juga sudah ke presiden kita minta bantu, mudah-mudahan lah," sebutnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : pasar cik puan, pembangunan pasar cik puan, pekanbaru, bantuan anggaran bangun pasar cik puan belum terealisasi, News Kota,