Headline Pekanbaru   2021/01/17 13:57 WIB

Puluhan Tenaga Kesehatan Pekanbaru di Vaksin Sinovac

Puluhan Tenaga Kesehatan Pekanbaru di Vaksin Sinovac

PEKANBARU - Puluhan tenaga kesehatan (Naskes) di Kota Pekanbaru mendapatkan vaksin Covid-19 produksi Sinovac. Pemberian vaksin dilakukan di semua puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru M Noer mengatakan, pada tahap awal pemberian vaksin Covid-19 kepada tenaga kesehatan ini direncanakan sebanyak 86 orang. "Di hari pertama ini (kemarin, red), seluruh puskesmas di Kota Pekanbaru sudah menjemput vaksin di Instalasi Farmasi Kota Pekanbaru yang berada di Jalan Garuda, Kecamatan Tampan untuk nantinya dilaksanakan vaksinasi terhadap 86 tenaga kesehatan," kata M Noer pada media, Jumat (15/1).

Presedur pengambilan vaksin Covid-19 yang akan dibawa ke seluruh puskesmas itu harus dikawal ketat oleh aparat kepolisian dan TNI guna memastikan keamanannya selama di perjalanan. "Puskesmas yang terbanyak melakukan vaksinasi kepada tenaga kesehatan yaitu Puskesmas Limapuluh sebanyak 15 orang dan Puskesmas Tenayan Raya sebanyak 14 orang. Tadi memang sempat ada satu puskesmas yang kita tunda pemberian vaksinnya yaitu Puskesmas Langsat. Tapi setelah ada tim penanggungjawabnya memastikan pelayanan vaksinasi di puskesmas tersebut bisa dilakukan, akhirnya kami berikan izin pengambilan vaksinnya. Apalagi saat ini jam pelayanan vaksinasi mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB," katanya.

Puskesmas Rawat Inap Sidomulyo, Jalan Garuda, Kecamatan Tampan, tampak sejumlah tenaga medis dari sejumlah rumah sakit datang untuk mendapatkan vaksinasi.  Saat baru tiba di area parkir, para calon penerima vaksin harus melewati protokol kesehatan yang berlaku di puskesmas tersebut. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Mereka diminta untuk melakukan verifikasi data melalui aplikasi yang telah berhubung langsung dengan BPJS Kesehatan dan juga Kominfo Pekanbaru, barulah mereka dilakukan pengecekan kesehatan sembelum nantinya mendapatkan suntikan vaksin dan dilakukan observasi pasca-vaksinasi.

Kepala Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap drg Endang Purwanti menyebutkan, seluruh puskesmas di Pekanbaru melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan yang ada di Kota Pekanbaru. Salah satunya di Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap. Di mana di puskesmas ini ada sebanyak enam nakes yang terdaftar untuk melakukan vaksinasi. "Hari pertama pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan ini cukup berjalan lancar, namun kami masih mendapatkan sejumlah kendala di sistem yang ada. Kegiatan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan ini akan dilaksanakan hingga waktu yang masih belum ditentukan," kata dia.

Dengan adanya vaksin Covid-19 ini, Endang merasa senang dan mengimbau masyarakat untuk tidak takut saat nantinya menerima vakasin Sinovac tersebut karena sudah teruji dan memiliki sertivikasi aman dari BPOM.  "Kami juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan secara door to door kepada masyarakat agar mereka tidak khawatir lagi dengan efek samping dari vaksin tersebut," ujarnya. (rp.elf/*)

Tags : Tenaga Kesehatan, Pekanbaru, Vaksin Sinovac,