Rokan Hilir   2024/06/21 14:22 WIB

Puluhan Ribu Wisatawan Bakal Tumpah di Bagansiapiapi untuk Ramaikan Festival Bakar Tongkang yang Sudah Terdaftar di KEN 2024

Puluhan Ribu Wisatawan Bakal Tumpah di Bagansiapiapi untuk Ramaikan Festival Bakar Tongkang yang Sudah Terdaftar di KEN 2024
Ritual Bakar Tongkang digelar di Bagansiapiapi, Kecamatan Rohil, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - 50 ribu wisatawan dari dalam maupun luar negeri diperkirakan hadiri event Bakar Tongkang di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Bakar Tongkang Festival yang masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024."

"Hingga hari ini hotel dan penginapan di ibu kota Rokan Hilir sudah penuh. Diperkirakan wisatawan yang hadir mencapai 50 ribu orang," kata Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Jumat (19/6/2024).

Tongkang Festival yang masuk pada KEN 2024 itu sudah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu akan berlangsung selama tiga hari di Rohil.

Afrizal Sintong menyebutkan event ini juga berdampak pada ketersediaan kamar hotel ataupun penginapan.

Pergelaran Bakar Tongkang sendiri akan berlangsung selama tiga hari. Yakni dari 20 hingga 22 Juni 2024. Di mana, puncaknya akan berlangsung pada 22 Juni.

Bakar Tongkang merupakan ritual bagi warga Tionghoa di Bagansiapiapi. Selain menjadi ritual, event ini juga tidak bisa terlepas dari sejarah panjang kedatangan warga etnis Tionghoa ke Indonesia tepatnya di Muara Rokan.

Maka tidak heran setiap event ini digelar ada puluhan ribu orang yang hadir.

Bupati Rohil mengatakan dirinya dihubungi banyak pihak agar bisa diikutkan dalam event yang masuk dalam agenda KEN 2024 Menparekraf itu.

"Banyak teman-teman kita yang menghubungi saya untuk diundang dan meminta disediakan penginapan. Bahkan, ada yang dari negara tetangga kita Malaysia," jelasnya.

Afrizal menyebut saat ini seluruh penginapan yang ada di ibu kota Bagansiapiapi telah terisi penuh.

"Untuk mendukung suksesnya event Bakar Tongkang ini, kita telah melakukan berbagai upaya seperti penyediaan tempat penginapan," katanya.

"Bahkan, rumah dinas juga telah kita pakai sebagai penginapan tamu-tamu kita yang dari luar," sambungnya.

Dengan keterbatasan penginapan yang ada, selaku pemerintah daerah Bupati menyampaikan permohonan maaf kepada para wisatawan serta menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Rohil khususnya Bagansiapiapi.

Terpisah sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat mengatakan, bahwa adanya penyelenggaraan event wisata nasional Festival Bakar Tongkang diharapkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Riau.

"Sehingga, akan terjadi lonjakan peningkatan perekonomian bagi masyarakat," katanya. (*)

Tags : festival bakar tongkang, bagansiapiapi, rohil, puluhan ribu wisatawan ke bagansiapiapi, wisatawan ramaikan festival di rohil, bakar tongkang terdaftar di KEN 2024,