Headline Riau   2023/06/23 23:45 WIB

Bupati Afrizal Sintong Kebut Infrastruktur di Rohil, KNPI Riau: 'yang Sudah Puluhan Tahun Warganya Tidak Menikmati Pembangunan'

Bupati Afrizal Sintong Kebut Infrastruktur di Rohil, KNPI Riau: 'yang Sudah Puluhan Tahun Warganya Tidak Menikmati Pembangunan'
Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong SIP melakukan peletakan batu pertama pembangunan jembatan Sineboi.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Setidaknya sudah puluhan tahun lamanya masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir [Rohil], Riau tidak merasakan pembangunan.

"Kesulitan infrastruktur [jalan dan jembatan] masih menjadi penghalang untuk berbagai aktifitas masyarakat dalam menggerakkan perekonomian."

"Tetapi akhirnya masyarakat bisa merasa lega, sejak kepemimpinan Afrizal Sintong jembatan penghubung menuju desa dan berbagai badan jalan dan jembatan yang dibangun dapat mengurangi rasa kekhawatiran masyarakat umum," kata Larshen Yunus, Ketua Dewan Pengurus Daerah [DPD] Komite Nasional Pemuda Indonesia [KNPI] Riau menyikapi kepemimpinan kepala daerah di Rohil itu, Sabtu (23/6/2023).

Melihat kondisi infrastruktur yang masih kurang memadai, Bupati Rohil Afrizal Sintong lantas menggelar berbagai rapat dengan PUPR Rohil dalam rangka memaksimalkan pembangunan infrastruktur di Rohil, yakni perbaikan jalan dan jembatan.

Dalam kesempatan tersebut, Afrizal Sintong juga menyampaikan bahwa perbaikan jalan dan jembatan di Rohil harus segera dikerjakan secara maksimal.

Bupati Rohil Afrizal Sintong di dampingi Wakil Bupati Rohil H Sulaiman dan pengurus Yayasan Tridharma Samudra Sinaboi, Atong dan rekannya selaku donatur pembangunan jembatan, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Asisten III Ali Asfar, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Camat Sinaboi Tengku Edison, dan kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil.

"Ini maksud dan tujuannya agar para pengguna jalan merasa nyaman," kata Larshen Yunus mengulangnya.  

“Sejak Bupati Afrizal Sintong memimpin, beliau mengetahui banyak jalan yang rusak atau berlubang, lantas ia meminta PUPR Rohil segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak tersebut," kata Larshen yang mengaku sudah bertemu dengan Bupati Afrizal Sintong dalam kesempatan bersilaturahmi.

Tetapi Larshen Yunus kembali menyampaikan, niat bupati kalau jalan sudah bagus, resiko kecelakaan kecil dan para pengendara kendaraan merasa nyaman dan aman.

Niat Bupati Afrizal Sintong untuk memperbaiki infrastruktur tercapai setelah pada Rabu 10 Mei 2023 lalu melakukan peletakan batu pertama tiang pancang pembangunan jembatan.

Peletakan batu pertama yang dilakukan Afrizal Sintong yang di dampingi wakil Bupati Rohil H Sulaiman dan pengurus Yayasan Tridharma Samudra Sinaboi selaku pelaksana pembangunan jembatan itu.

Tampak hadir juga dalam acara itu, Atong dan rekannya selaku donatur pembangunan jembatan, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Asisten III Ali Asfar, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Camat Sinaboi Tengku Edison, dan kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil.

Dalam sambutannya, Bupati Afrizal Sintong mengucapkan terimakasih kepada Atong dan rekan-rekannya yang telah bersedia menjadi donatur pembangunan jembatan Sinaboi itu.

"Sehingga diharapkan dengan terealisasi jembatan ini, ekonomi masyarakat sekitar akan semakin meningkat."

"Saya sama Atong dan rekan-rekannya sudah kenal lama, dan kami waktu itu melakukan pertemuan di Pekanbaru, kami mengajukan gambaran pembangunan jembatan ini sebanyak 26 miliar, Alhamdulillah hari ini bisa terealisasi," ungkap Afrizal Sintong.

Proyek pembanguan strategis jembatan 

"Atong dan rekan-rekannya merupakan putra asli dari Kecamatan Sinaboi yang sukses merantau di Jakarta. Meskipun sudah sukses, mereka tidak lupa dengan kampung halamannya sehingga mau bersama membantu pemerintah daerah."

"Ini merupakan jembatan yang dinanti nanti masyarakat selama puluhan tahun, selaku kepala pemerintahan daerah kami mengucapkan banyak terimakasih kepada para donatur. Kita doakan agar pak Atong dan rekan-rekannya semakin sukses selalu dan rejekinya semakin berlimpah," papar Bupati.

Atas terselenggaranya pembangunan jembatan itu, Bupati Rohil mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di Sinaboi untuk sama mendukung dan menjaga kelancaran pembangunan jembatan itu agar bisa selesai secepatnya.

M Syahnan salah satu Pengurus Yayasan Tridharma Samudra Sinaboi yang mewakili masyarakat Tionghoa Sinaboi dan pengurus kelenteng berterimakasih kepada Bupati Rohil yang telah bersedia hadir untuk meresmikan pembangunan jembatan Sinaboi.

"Alhamdulillah setelah dibantu saudara Atong dan rekan-rekannya, akhirnya jembatan yang lama kami idamkan ini baru hari ini terealisasi, kami juga mengucapkan ribuan terimakasih," sebut Syahnan.

Tetapi kembali disebutkan Larshen Yunus yang telah meninjau Kabupaten Rohil ini, menjelaskan, jembatan Sineboi  merupakan satu-satunya jalan penghubung masyarakat Sinaboi untuk mengeluarkan hasil perikanan dan pertanian masyarakat.

"Bagi masyarakat setempat merupakan yang bersejarah karena berhasil dibangun bupati," katanya.

Larshen Yunus, Ketua DPD KNPI Riau bersilaturahmi dengan Afrizal Sintong, Bupati Rohil

Bahkan pada kesempatan itu, Bupati Afrizal Sintong menyempatkan diri memberikan sebanyak 200 paket bantuan sembako yang diserahkan secara simbolis kepada perwakilan penerima masyarakat Sinaboi.

Jalan dan jembatan terbangun semenjak tahun 2022 dipimpin Bupati Rohil Afrizal Sintong, bahkan sembilan proyek strategis infrastruktur jalan dan jembatan usai dilaksasanakan.

"Ini untuk mewujudkan aksebilitas dan konektivitas infrastruktur antar wilayah dan mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah yang juga merupakan dalam misi Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP bersama Wabup Rohil H Sulaiman SS MH," sebut Larshen.

Sejak dilantik pada pada 8 Juni 2021 yang lalu, masa kepemimpinan Bupati Rohil Afrizal Sintong baru berusia 19 bulan atau 1 tahun 7 bulan. Meski masih usia kepemimpinan yang seumur jagung, namun berbagai pembangunan baik Infrastruktur jalan maupun jembatan telah berhasil dilaksanakannya, kata Larshen.

Infrastruktur jalan maupun jembatan yang dibangun oleh Bupati Rohil telah membuka beberapa wilayah yang selama ini terisolir.

"Pada tahun 2022 yang lalu, Bupati Rohil memiliki sembilan pembangunan proyek strategis yang terdiri dari Infrastruktur jalan dan jembatan yang tersebar di beberapa Kecamatan."

Adapun sembilan pembangunan strategis tersebut yakni, pembangunan jembatan air hitam yang berada di Kacamatan Pujud dengan nilai pembangunan sebesar Rp 31.6 Miliar lebih.

Pembangunan infrastruktur jalan

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan ini membuka akses dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan selama ini menjadi asa tersendiri bagi masyarakat Air Hitam, Kecamatan Pujud.

Dimana, selama ini tempat tersebut merupakan wilayah yang terisolir dan sulit dijangkau karena minimnya infrastruktur baik jalan maupun jembatan. Bahkan, untuk menuju suak air hitam, hanya bisa dilalui dengan menggunakan pompong.

"Namun, sejak Kabupaten Rohil dipimpin Bupati Afrizal Sintong dan Wakil nya H Sulaiman, mimpi masyarakat air hitam, Kecamatan Pujud menjadi kenyataan dengan telah dimulai nya pembangunan jembatan sepanjang 140 meter dan lebar 7 meter," cerita Larshen.

Tetapi diperoleh informasi pembangunan jembatan yang bersumber dari APBD Rohil tahun 2022 itu akan menghubungkan kepenghuluan dan desa di tepian Sungai Rokan.

Kemudian peningkatan jalan Simpang Kanan [DAK Reguler] yang berada di Kecamatan Simpang Kanan dengan pagu anggaran sebesar Rp 13,6 Miliar, peningkatan jalan lintas Bangko Pusako - Kubu [DAK] penugasan Kecamatan Kubu Babussalam senilai Rp 15,7 Miliar.

Peningkatan jalan Simpang Sola menuju bundaran patung kuda Kecamatan Tanah Putih Rp 10,9 Miliar, peningkatan jalan Putri hijau Kecamatan Tanah Putih Rp 8,3 Miliar, peningkatan jalan Poros Kubu - Bangko Pusako Kecamatan Kubu, Kubu Babussalam dan Bangko Pusako Rp 17 Miliar.

Selanjutnya peningkatan Jalan Kepenghuluan Sei Keladi - Sekapas Kecamatan Rantau Kopar Rp 15,5 Miliar, peningkatan Jalan Lintas Desa Pasir Limau Kapas Kecamatan Palika Rp 21,5 Miliar serta peningkatan jalan KPL Kelurahan Bagan Hulu Kecamatan Bangko sebesar Rp 3,2 Miliar.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP mengatakan, meski pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan terpusat di beberapa Kecamatan, bukan berarti pembangunan diwilayah lainnya terbaikan.

Hal ini sebut Bupati, mengingat di beberapa wilayah tersebut belum pernah tersentuh pembangunan dan masih sangat terisolir. Sehingga, pembangunan banyak terpusat di daerah yang sangat di butuhkan masyarakat.

"Dengan dilaksanakan nya pembangunan di beberapa wilayah yang terisolir tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerataan pembangunan akan terus kita laksanakan dan target kami seluruh wilayah yang ada di Rohil tidak ada lagi yang terisolir, " kata Bupati.

Bupati Rohil, Afrizal Sintong

Untuk tahun 2023 sendiri tambahnya, meski dengan keterbatasan keuangan daerah, berbagai pembangunan infrastruktur baik jalan maupun jembatan juga telah di anggarkan dalam APBD dan tinggal menunggu pelaksanaan nya saja.

Jadi dalam pada kesempatan, Bupati mengajak semua pihak untuk saling mendukung dan bersama-sama membangun Negeri yang berjuluk "Seribu Kubah" ini. (*)

Tags : pembangunan, rokan hilir, infrastruktur, proyek strategis, bupati rohil afrizal sintong, bupati bangun infrastruktur, knpi riau dukung pembangunan rohil,