Headline Riau   2024/04/06 22:33 WIB

PUPR Riau Siagakan Alat Berat di Daerah, 'yang Rawan Longsor dan Amblas'

PUPR Riau Siagakan Alat Berat di Daerah, 'yang Rawan Longsor dan Amblas'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau siagakan alat berat di daerah rawan longsor dan amblas selama momen mudik Lebaran 2024.

"Alat berat disiagakan di daerah rawan longsor dan amblas."

"Saya sudah perintah UPT untuk siagakan alat berat dan personel di titik-titik yang dinilai rawan longsor dan jalan amblas saat mudik Lebaran," kata
M Arif Setiawan MT, Jumat (5/4).

Kebijakan ini sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto. Sekaligus sebagai antisipasi jika terjadi bencana longsor di jalur mudik Lebaran nanti.

Selain itu, kata M Arif Setiawan, Pj Gubri meminta Dinas PUPR-PKPP Riau membentuk tim dan menyiapkan nomor pengaduan.

M Arief Setiawan menyebut, jika pihaknya telah menginstruksikan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah I-VI untuk mensiagakan alat berat dan personel.

M Arief mengatakan, setiap UPT mensiagakan satu set alat berat, terdiri dari Motor Grader, Vibro Roller, Excavator.

Termasuk mobil trado dan dump truck.

"Alat di UPT satu set. Memang alat berat itu tidak berada di satu tempat. Alat berat ini mobile, dimana yang diperlukan alat berat siaga di situ. Alat berat ini sudah standby satu Minggu lalu sampai dengan H+7 Lebaran," sebutnya.

"Kita juga sudah menyiapkan nama dan nomor yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti jalan longsor dan lainnya, sehingga alat berat bisa segera dikerahkan ke titik kejadian," tutupnya. (*)

Tags : daerah rawan longsor, pupr siapkan alat berat di daerah, rawan longsor dan amblas,