Headline News Daerah   2021/10/03 20:4 WIB

Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Desa Serombo Indah

Puting Beliung Porak-porandakan Rumah Warga di Desa Serombo Indah

ROKAN HULU - Puting Beliung porak-porandakan 25 rumah warga di Desa Serombo Indah. Angin puting beliung menerjang sekitar pukul 15.30 WIB, pada Jumat (1/10).

Sejumlah 25 unit rumah warga dan 1 SDN 007 Rambah Hilir di Dusun Sempurna Alam 1 dan 2 Desa Serombou Indah Kecamatan Rambah Hilir, porak poranda. Pihak Babinsa Koramil 02/ Rambah Kodim 0313/KPR Serda Jumari, termasuk petugas BPBD Rohul turun memantau dan mendata warga yang rumahnya rusak.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Afrizal mengatakan, anggotanya sudah turun untuk mendata kerusakan rumah warga akibat diterjang angin puting beliung. "Ada 25 unit rumah warga dan 1 SDN di desa tersebut yang bagian atapnya terbang akibat angin kencang. Kita data dan usulkan yang nantinya diberikan bantuan bagi warga yang rumahnya rusak sedang akibat angin puting beliung," kata Afrizal, yang juga menjabat Sekretaris BPBD Rohul pada media, Mimggu  (2/10).

Babinsa Koramil 02/Rambah Kodim 0313/KPR Serda Jumari, juga mengatakan telah meninjau warga di tempat kejadian pada Sabtu 2 Oktober 2021. “Untuk korban jiwa nihil, kerugian diperkirakan sekitar Rp50 jutaan," kata Jumari.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Serombou Indah Erpan menjelaskan, puting beliung menerjang dusun 1 dan 2 Wempurna Alam. “Angin puting beliung merusak 23 rumah, dan tiga rumah warga atapnya terbang sekitar lebih kurang 200 meter. Kami bergotong royong memperbaiki atap rumah warga," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 007 Rambah Hilir Syamsul Kasri mejelaskan, kerusakan saat ini berada di ruang kelas 2, 4, 5 dan 6.  “Karena kerusakan di atap, saat ini belum mengganggu kegiatan belajar. Tetapi, jika air hujan turun akan terggenangi di dalam kelas dan menggangu aktivitas pembelajaran,” kata Kepsek SDN 007 Syamsul Kasri.

Syamsul Kasri berharap ke pemerintah, baik pemerintah Kabupaten Rohul maupun Provinsi Riau agar bisa membantu perbaikan fasilitas sekolah yang rusak. (rp.elf/*)

Tags : Puting Beliung, Rohul, News Daerah, Rumah Warga Diterjang Angin Puting Beliung,