Pekanbaru   2020/11/14 23:2 WIB

Rakerda RAPI 04 Riau Bersinergi Dukung Program Pemerintah

Rakerda RAPI 04 Riau Bersinergi Dukung Program Pemerintah
Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Radio Antar Penduduk 04 Riau Ke- VIII, Sabtu (14/11/2020)

PEKANBARU - Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) bukan sekedar organisasi wadah bagi penggemar komunikasi radio antar penduduk semata, tetapi keberadaan organisasi ini merupakan elemen penting dalam mendukung berbagai program kerja pemerintah.

Melalui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Radio Antar Penduduk 04 Riau Ke- VIII (RAPI 04 Riau) tadi ini dilaksanakan hari ini Sabtu (14/11/2020). Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya itu diikuti peserta dari seluruh unsur pimpinan daerah 12 kabupaten/kota Se-Riau. Rapat kerja daerah dilaksanakan sangat khidmat di Prime Park Hotel Pekanbaru yang berlangsung dari tanggal 14  sampai dengan 15 November. Rapat kerja Daerah ini mengangkat tema “Mewujudkan Insan Terampil, Disiplin, Berdedikasi, Memiliki loyalitas yang Tinggi Sebagai Kader Bangsa yang Berjiwa Pancasila dalam Wadah NKRI”. 

Peserta rapat kerja daerah sangat antusias mengikuti materi materi rapat yang disampaikan nara sumber. Ketua RAPI 04 Riau, Rimon Usman mengatakan, rapat kerja ini bertujuan agar Komonitas Radio Komunikasi dapat menerapkan Permenkominfo Nomor 17 tahun 2018 tentang Kegiatan Amatir Radio dan Komunikasi Radio Antar Penduduk.  "Permen ini mengatur frekuensi radio komunikasi yang lebih tertib dan disiplin lagi di 12 kabupaten/kota, artinya pengguna frekuensi radio tidak menggunakan gelombang ganjil lagi cukup dengan gelombang genap saja. Program kerja kedepan tidak dibatasi dilaksanakan terus menerus sampai komunitas tertib dan disiplin dalam menggunakan radio dan gelombang radio jika tidak ditertibkan dari sekarang akan tumpang tindih tentang kewilayahan frekuensi radio itu sendiri terus kita pantau sampai tertib dan disiplin," kata Rimon Usman.

Menurutnya, Rapi sangat berperan dalam komunikasi tentang informasi kebencanaan seperti banjir, tanah longsor, badai dan lain sebagainya secara cepat Rapi mengimpormasikannya. Jika berkesempatan hadir langsung menangani kebencanaan tersebut. Rapi juga berperan dibidang sosial kemasyarakatan, pada masa pandemi ini Rapi peduli terhadap warga yang Terdampak langsung Covid19 dengan cara memberikan bingkisan sembako kepada warga kurang mampu yang Terdampak. 

"Banyak yang kami lakukan di bidang Pendidikan kami dipercayakan sebagai media pelajaran jarak jauh (PJJ) kami peduli bagi anak anak didik yang tidak dapat melaksanakan proses belajar tatap muka pada masa pandemi nah kami sebagai media penyampai pelajaran, kegiatan ini dilaksanakan di kepualan Meranti. Kedepanya, dengan potensi anggota komunitas Rapi yang berlatar belakang dari berbagai suku dan budaya ada yang mengusulkan agar siaran wayang dapat disiarkan di komunitas Rapi, sebagai wujud Rapi bisa menghibur yang berbasiskan budaya bangsa, Jadi apa yang kami lakukan ini dapat bersinegitas dengan Pemerintah, Komunitas Rapi juga mengabdi pada masyarakat dengan tulus ikhlas yang berlandaskan Pancasila dan NKRI".

"Harapan saya ketika selesai rapat kerja daerah ini para pimpinan Rapi daerah kapupaten/kota yang telah mempunyai sektretariat tetap di masing masing kabupaten/kota dapat menerapkan kode etik RAPI,” ujar Rimon Usman. 

Pada acara Rakerda ini juga diberi penghargaan kepada Anggota Komunitas Rapi dalam berbagai kategori Penghargaan.

Penulis: Romi Yanto
Editor: Elfi Yandera

Tags : Organisasi Radio Antar Penduduk Indonesia, Rakerda RAPI 04 Riau ,