Headline Sorotan   2022/04/18 12:58 WIB

Ramadhan Berbagi: Musim Mas Salurkan Sembako, 'untuk Bantu Entaskan Kemiskinan'

Ramadhan Berbagi: Musim Mas Salurkan Sembako, 'untuk Bantu Entaskan Kemiskinan'
PT Musim Mas (MM) turut serta berkomitmen untuk memaksimalkan berbagai upaya demi mengentaskan masyarakat.

erusahaan PT Musim Mas (MM) turut serta berkomitmen untuk memaksimalkan berbagai upaya demi mengentaskan masyarakat disekitar lingkungan perusahaan perkebunan sawit dari jurang kemiskinan.

Salah satu program yang menjadi andalan perusahaan swasta ini adalah dengan mendorong pengembangan industri sawit di Kabupaten Pelalawan.

Manager Humas PT Musim Mas, Malinton Purba SH, dalam bincang-bincangnya mengaku, kelapa sawit masih terus menjadi industri prioritas dalam membantu pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

"Maka untuk di Kabupaten Pelalawan program yang dijalankan perusahaan terus memberikan hasil yang cukup baik."

"Untuk pengembangan kelapa sawit juga harus dilakukan. Tata kelola sawit juga terus diperbaiki mulai dari sumber daya manusia, manajemen perkebunan hingga industri pengolahannya," kata Malinton.

Ia pun memastikan bahwa perusahaan siap memberikan insentif bagi pelaku usaha dan petani guna mendukung berkembangnya industri sawit di Pelalawan, "sedianya saat ini perkebunan sawit sudah cukup berkembang di daerah ini," sebutnya.

"Industri ini sudah membantu membangun pusat pertumbuhan ekonomi. Perkebunan sawit bisa menyerap tenaga kerja dan menyejahterakan masyarakat di perusahaan," tuturnya.

Manager Humas PT Musim Mas, Malinton Purba SH terjun langsung membagikan bantu penyaluran minyak goreng.

Perusahaan ini yang membuka kebun sawit mencatat sudah mempekerjakan lebih dari 2.000 warga di Pelalawan dalam 5 tahun terakhir.

"Melalui penyerapan tenaga kerja lokal, korporasi berharap distribusi pendapatan masyarakat Pelalawan dapat meningkat. Dampak berikutnya, kesejahteraan mereka dapat terus membaik secara berkelanjutan," paparnya.

Tetapi Malinton menilai dengan adanya kegiatan bisnis di kawasan itu, perusahaan pun membuka layanan pendidikan hingga kesehatan di banyak titik perkebunan.

Jadi menurutnya, pengembangan industri sawit di kawasam timur pulau Sumatera itu bukan tanpa hambatan. Rendahnya produktivitas, minimnya infrastruktur dan fasilitas transportasi, masih menjadi persoalan-persoalan yang harus segera diatasi.

Ramadhan berbagi sembako

Di bulan suci Ramadan tahun ini, PT Musim Mas (MM) menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility/Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (CSR/TJSL) berupa paket sembako kepada masyarakat di 14 Desa/Dusun dan Kelurahan di sekitar areal operasional perusahaan.

Ke 14 Desa/Dusun dan Kelurahan tersebut yaitu Desa Lubuk Terap, Desa Tanjung Beringin, Desa Talau, Desa Pesaguan, Desa Batang Kulim, Desa Betung, Desa Kuala Semundam, Kelurahan Sorek Satu, Kelurahan Pangkalan Lesung, Desa Dusun Tua, Dusun Tambun, Dusun Solok Gerimbang, Desa Air Emas dan Desa Kesuma.

"Ada ribuan paket sembako yang akan disalurkan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan," kata Malinton Purba.

Acara penyerahan paket sembako akan dilakukan secara simbolik dilaksanakan tiap desa dan dihadiri instansi pemerintah dan aparat desa.

Dia menyampaikan, PT MM sebagai salah satu perusahaan BUMS di tengah masyarakat harus membantu warga terutama di tengah pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah meskipun masih berada ditengah kondisi pandemi, kita masih dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah," ungkapnya.

Menurut Malinton, pandemi ini tentu berimbas kepada siklus perekonomian. Maka paket sembako dibagikan ke masyarakat di sekitar diharap dapat bermanfaat untuk meringankan beban saudara-saudara kita, tuturnya.

Seperti pada Sabtu 16 April 2022 kemarin PT Musim Mas sudah memulai penyerahan paket sembako ini untuk masyarakat Desa Lubuk Terap Kecamatan Bandar Petualangan Kabupaten Pelalawan.

Bantuan paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pelalawan Zukri Misran pada acara safari Ramadan Pemkab Pelalawan di Masjid Nurul Iman Desa Lubuk Terap Kecamatan Bandar Petalangan.

"Paket sembako yang disalurkan kepada masyarakat ini sebanyak 50 paket, yang terdiri dari 5 kg beras, 1 papan telur, 1 kg minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 kaleng susu kental manis dan 1 dus mie instan," terang Malinton.

Bupati Pelalawan Zukri mengucapkan terima kasih kepada perusahaan PT Musim Mas atas kepedulian perusahaan kepada masyarakat terutama yang berada di sekitar operasional perusahaan.

Gelar operasi pasar, PT MM bersama Pemkab salurkan 72 ton Migor

"Saya menghimbau kepada semua perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan untuk selalu peduli kepada masyarakat, khususnya yang berada di sekitar operasional perusahaan. Mereka (Perusahaan, red) kan punya dana CSR yang setiap bulannya bisa disalurkan kepada masyarakat," kata Bupati Zukri.

Tetapi Malinton Purba kembali menjelaskan penyaluran paket sembako merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat terutama yang berada di sekitar operasional. "Semoga bantuan sembako yang kita salurkan bermanfaat, apalagi saat inikan di bulan Ramadhan," sebutnya.

Jadi bantuan sembako oleh PT Musim Mas ini dapat membantu kebutuhan pokok masyarakat di bulan Ramadhan. Bantuan sekaligus turut mendukung upaya pemerintah daerah dalam meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Tidak hanya sembako, Musim Mas sebelumnya juga telah menyalurkan beras, minyak goreng murah dan ratusan alat pelindung diri untuk Kabupaten Pelalawan beberapa bulan lalu. (*)

Tags : PT Musim Mas Salurkan Bantuan Sembako, Perusahaan Musim Mas Bantu Entaskan Kemiskinan, Pelalawan, Ramadhan Berbagi, Sorotan,