Headline Riau   2022/02/23 16:45 WIB

Ratusan Pegawai Diserang Virus Corona yang Kemungkinan Terus Bertambah, 'Langsung Dilakukan Penanganan Darurat'

Ratusan Pegawai Diserang Virus Corona yang Kemungkinan Terus Bertambah, 'Langsung Dilakukan Penanganan Darurat'

Sudah ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau diserang Corona yang kemungkinan jumlahnya terus bertambah.

PEKANBARU - Hampir semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau memiliki pegawai yang terkonfirmasi Covid-19, dan untuk jumlahnya ada ratusan.

"Penanganan segera dilakukan dengan menerapkan work from home (WFH) 50 Persen."

"Ya benar hampir semua OPD di Pemprov Riau ada pegawai yang terkonfirmasi Covid-19. Dan untuk jumlahnya ratusan," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan pada media, Rabu (23/2/2022).

Menurutnya data sementara, pegawai paling banyak dinyatakan positif corona terdapat di Dinas PUPR Provinsi Riau di Jalan SM Amin, Pekanbaru.

"Pegawai Pemprov Riau yang terkonfirmasi Covid-19 terdiri dari PNS dan THL. BKD Riau ada satu yang positif, Dinas Pariwisata ada dua pegawai yang positif, kalau tak salah," terang Ikhwan.

Tetapi saat ini Pemprov Riau masih mengambil kebijakan melakukan isolasi mandiri kepada seluruh pegawai di Pemprov Riau yang dinyatakan positif Covid-19.

"Kita masih melakukan isolasi, dan bagi yang tidak bergejala bisa melakukan isolasi mandiri di rumah," ucapnya.

Kalau PNS bergejala berat dilakukan isolasi mandiri di tempat terpusat yang telah disediakan pemerintah.

"Para pegawai yang melakukan isolasi mandiri juga akan disuplai obat-obatan ke rumah masing-masing. Pemerintah langsung melakukan rapat penanganan Covid-19 ini."

"Kita tadi telah membahas terkait suplai obat-obatan, Dinas Kesehatan sudah diarahkan Sekda untuk melakukan konsultasi ke BPKAD," ucapnya.

Jumlah pegawai terkonfirmasi Covid-19 di kantor Geburnur berkemungkinan masih akan terus bertambah, kata Ikhwan, tetapi berdasarkan data yang direkap BKD Riau pada Senin, 21 Februari 2022, sudah ada 191 pegawai yang dinyatakan positif corona.

"Pada saat proses swab PCR secara massal yang digelar terhadap seluruh pegawai di Dinas PUPR pada Selasa, 22 Februari 2022, ada puluhan pegawai yang dinyatakan positif Covid-19," sebutnya.

Pemprov Riau berlakukan WFH 50 persen

Semakin banyak ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau diketahui positif covid-19. Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto menduga hal tersebut terjadi karena situasi penyebaran Covid-19 yang semakin tinggi, terlebih dengan munculnya varian Omicron.

"Situasi Covid-19 saat ini sangat luar biasa, ada saja teman-teman pegawai kita yang positif Covid-19," kata SF Hariyanto usai rapat Penanganan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Pemprov Riau kemarin.

Dia telah memerintahkan seluruh ASN di Dinas PUPR-PKPP untuk dilakukan tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR). "Total sampai seluruh ada 63 orang yang dinyatakan positif Covid-9 dari hasil kegiatan swab massal di Dinas PUPR," kata dia.

"Agar tidak terjadi penularan yang lebih luas dilingkungan Pemprov Riau kebijakan Work From Home (WFH/kerja dari rumah) kembali diberlakukan."

"Kita jalankan WFH 50 persen, seluruh pegawai ini kita atur jadwal masuk kantornya," ujarnya.

Jadi nantinya masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Riau akan melaporkan hasil kerja selama WFH kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk kemudian diteruskan kepada Gubernur Riau. (*)

Tags : Aparatur Sipil Negara, ASN Pemprov Riau Diserang Virus Corona, Ratusan Pegawai Diserang Corona, Penanganan Darurat WFH 50 Persen,