Pendidikan   2024/02/16 13:13 WIB

Rektor UIR Prof Syafrinaldi Resmikan Laboratorium Penelitian dan Pengujian Energi Terpadu

Rektor UIR Prof Syafrinaldi Resmikan Laboratorium Penelitian dan Pengujian Energi Terpadu
Universitas Islam Riau (UIR) resmi memiliki Laboratorium Penelitian dan Pengujian Energi Terpadu (LP2ET)

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Universitas Islam Riau (UIR) resmi memiliki Laboratorium Penelitian dan Pengujian Energi Terpadu (LP2ET).

Peresmian dan penyerahan aset laboratorium kepada Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau dilakukan Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL, Kamis (15/2/2024).

Berdirinya LP2ET merupakan hasil dari aset yang dikumpulkan dari empat proyek yang telah dikerjakan Pusat Studi Energi (PSE) bersama industri Minyak dan Gas (K3S West Area).

Ide didirikannya LP2ET diinisiasi Wakil Rektor UIR Bidang Akademik, Dr H Syafhendry MSi dan Ketua PSE UIR, Dike Fitriansyah Putra ST MSc MBA sebagai bentuk kontribusi peningkatan kualitas pendidikan UIR.

Ketua PSE UIR, Dike Putra menjelaskan, laboratorium uji ini akan menjadi rujukan dan tempat pengujian energi panas bumi, baik untuk kepentingan universitas maupun perusahaan.

"Laboratorium ini juga dapat dikomersialisasi sehingga UIR dapat menjadi kampus yang mandiri kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Rektor UIR Prof Syafrinaldi mengungkapkan, berdirinya laboratorium tersebut merupakan bentuk transparansi dalam pemanfaatan hasil proyek yang digarap atas nama UIR.

"Kami berharap labor ini akan benar-benar dimanfaatkan dan menjadi pemantik bagi pusat studi lainnya di UIR untuk aktif menggelar proyek atau penelitian seperti ini," harap Rektor.

Rektor UIR didampingi pimpinan serta tamu undangan menandatangani prasasti laboratorium sekaligus menyerahkan aset laboratorium senilai total Rp1,026 miliar kepada YLPI Riau yang diterima langsung oleh Ketua Umum YLPI, Prof Dr H Nurman MSi.

Peresmian LP2ET juga dihadiri perwakilan mitra kerja UIR, di antaranya BAPPEDALITBANG Riau, BAPPEDA Pekanbaru, Dinas ESDM Riau, SKK Migas Sumbagut, dan segenap pimpinan sivitas akademika UIR. (rilis)

Tags : Rektor UIR Prof Syafrinaldi, UIR Miliki Laboratorium Penelitian dan Pengujian Energi Terpadu, UIR Miliki LP2ET ,