Pekanbaru   2023/10/11 16:35 WIB

Rencana Kunjungan Kerja Gubri dan Rombongan ke Jerman 'Tak Disetujui' Dewan, 'karena Tidak ada Alokasi Khusus dalam APBD'

Rencana Kunjungan Kerja Gubri dan Rombongan ke Jerman 'Tak Disetujui' Dewan, 'karena Tidak ada Alokasi Khusus dalam APBD'
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, Ade Agus Hartanto

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Rencana keberangkatan Gubernur Riau, Syamsuar bersama sembilan pejabat lainnya ke Jerman pada tengah musim kabut asap dan menjelang berakhirnya masa jabatan telah menimbulkan kritikan dari DPRD Riau.

"Rencana kunjungan kerja Gubri dan rombongan ke Jerman tak disetujui dewan."

"Pertama keberangkatan ini menggunakan dana apa. Apakah ini sudah dianggarkan di APBD murni atau APBD perubahan. Kalau murni setahu saya tidak ada, tetapi kalau perubahan juga seperti apa karena DIPA belum keluar, agak aneh juga," kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau, Ade Agus Hartanto pada media, Rabu (11/10).

Dewan mempertanyakan sumber anggaran untuk perjalanan ini, terutama karena tidak ada alokasi khusus dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau.

Ade Agus juga mengingatkan agar pejabat yang berangkat memberikan klarifikasi terkait sumber dana untuk perjalanan ini.

Ia juga mempertanyakan kehadiran seorang pejabat travel dalam rombongan, serta mengingatkan bahwa Gubernur Syamsuar telah mengumumkan pengunduran dirinya.

Lebih lanjut, Ade Agus menyarankan agar Gubernur Syamsuar fokus pada pemilihan caleg DPR setelah mengumumkan pengunduran diri.

Ia juga mengingatkan tentang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sedang melanda masyarakat Riau, dan menganggapnya sebagai prioritas yang harus diatasi.

Komentar terakhir dari Ade Agus adalah tentang anggaran tim yang berangkat ke luar negeri, termasuk istri seorang pejabat. Ia menekankan pentingnya transparansi dalam penggunaan anggaran publik.

"Anggaran masyarakat berhak tahu. Ada istri salah satu pejabat, itu kapasitasnya apa. Ikut itu dasarnya apa," ucap politisi PKB itu.

Sementara itu, Kadiskominfotik Riau, Erisman Yahya mengonfirmasi, kunjungan tersebut adalah tanggapan terhadap undangan dari Pemerintah Jerman kepada Pemprov Riau, terutama Dinas Pendidikan.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengikuti kerjasama beasiswa untuk mahasiswa Riau yang kuliah di Jerman.

Ini deretan para pejabat rombongan pelesiran Pemprov Riau ke Jerman:

1. Gubernur Syamsuar
2. Asisten I Masrul Kasmy
3. Kadis Tenaga Kerja Imron Rosyadi
4. Kadis Pendidikan Kamsol
5. Kepala Biro Hukum Elly Wardhana
6. Kabag SMK Arden Semeru
7. Kabag Protokol Selamet Heryadi
8. Ajudan Gubernur Raja Jeihan
9. Istri Gubernur Misnarni
10. Istri Asisten I Tengku Reni Azmahrani
11. Travel Perjalanan Ilham Affandi.

(*)

Tags : kunjungan kerja, rencana gubri kunjungan kerja ke jerman, dewan tak setuju gubri ke jerman, kunjungan kerja ke jerman tak ada di apbd,