Riau   2024/07/24 8:34 WIB

Riau Creative Hub akan Diresmikan Bersamaan Pembukaan Riau Global Music Festival 2024

Riau Creative Hub akan Diresmikan Bersamaan Pembukaan Riau Global Music Festival 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Riau Creative Hub (RCH) akan diresmikan Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto pada Jumat, 26 Juli 2024 mendatang, bersamaan dengan pembukaan Riau Global Music Festival 2024.

"Riau Creative Hub akan diresmikan bersamaan pembukaan Riau Global Music Festival 2024."

"Dinas Pariwisata Provinsi Riau akan menggelar Festival Global Musik pada 26 Juli, lokasinya di RCH. Nantinya akan dilaksanakan pula peresmian RCH oleh Pj Gubri," kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau, Roni Rakhmat, Selasa (23/7/2024).

Roni menuturkan, pihaknya mengimbau masyarakat Riau khususnya pelaku ekonomi kreatif untuk dapat hadir meramaikan festival di RCH tersebut.

"17 subsektor telah siap untuk melakukan inkubasi. Hadir untuk pelaku ekraf ataupun anak sekolah yang ingin belajar, meng-upgrade dan berkonsultasi di RCH," tuturnya.

"Kita berharap RCH ini dapat digunakan sebagai tempat nongkrong dan diskusi anak-anak kreatif," ungkapnya.

Roni berharap kehadiran RCH nantinya dapat menjadi alat ukur kemajuan ekonomi kreatif.

"Jadi bisa kita jadikan daya ukur sudah sampai mana kemajuan ekonomi kreatif di Riau. Dan apa yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan hal itu," sebutnya.

"Kita juga sudah menempatkan orang-orang berkompeten di bidangnya untuk mengelola," tukasnya.

Untuk diketahui, Gedung RCH ini nantinya difungsikan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk Ekraf masyarakat Riau dikelola UPT Bandar Seni Raja Ali Haji, Dispar Riau.

Pemprov Riau mengklaim, pembangunan RCH ini sebagai merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para pelaku Ekraf di Bumi Melayu Lancang Kuning.

Gedung Utama RCH akan mengakomodir 17 subsektor ekonomi kreatif diantaranya adalah pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, musik, desain produk, fashion, desain komunikasi visual, fotografi, tv dan radio, seni pertunjukan, film, animasi dan video, penerbitan, aplikasi, periklanan, kriya dan seni rupa.

Keberadaan RCH diharapkan dapat membawa dampak positif bagi anak muda pelaku ekonomi kreatif di Riau sehingga perlu dukungan semua pihak.

Selain itu juga diharapkan dapat menjadi tempat kumpulnya anak-anak kreatif, sharing ide-ide baru, wadah pameran ekonomi kreatif, kolaborasi terjalin, inkubator Ekraf dan ekosistem ekonomi kreatif Riau maju. (rp.ind)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : Riau Creative Hub, RCH akan Diresmikan, Riau Global Music Festival 2024,