Riau   2024/08/28 9:0 WIB

Riau Jadi Tuan Rumah untuk Gelar Pameran Kain Khas Tradisional Nusantara

Riau Jadi Tuan Rumah untuk Gelar Pameran Kain Khas Tradisional Nusantara

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi Riau ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggara Pameran Kain Tradisional Nusantara 2024/kain khas 32 museum se-Indonesia di gelar di ruang pameran Museum Sang Nila Utama, di Jalan Sudirman Pekanbaru pada 28 Agustus-16 September 2024.

"Riau jadi tuan rumah pameran kain khas tradisional nusantara."

"Menjadi kebanggaan bagi Riau jadi tuan rumah dari acara kehormatan yang akan menampilkan kekayaan warisan budaya kain dari seluruh Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein di Pekanbaru, Selasa (27/8).

Menurut dia, pameran ini merupakan program tahunan museum se-Indonesia yang diselenggarakan secara bergantian atau bergiliran dari satu provinsi ke provinsi lain di Indonesia.

Tahun 2024, katanya menjadi sangat istimewa karena Riau dipercaya menjadi tuan rumah untuk acara bertaraf nasional ini bertema 'Menata Warna Nusantara', yang mencerminkan keragaman dan keindahan kain tradisional Indonesia.

"Tujuan pameran adalah untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya kain tradisional Nusantara secara otentik," katanya.

"Pengunjung akan mendapatkan kesempatan langka untuk melihat koleksi kain yang mencerminkan keragaman warisan budaya dari berbagai daerah di Indonesia," sebutnya.

Acara terbuka untuk umum, termasuk institusi pendidikan TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi, semoga pameran ini dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang keindahan dan keragaman kain tradisional nusantara. (*)

Tags : pemprov riau, tuan rumah, pameran kain khas tradisional nusantara, pemprov riau tuan rumah pameran, museum sang nila utama,