News   2022/12/04 14:17 WIB

Riau Raih Penghargaan Jalankan Program Gerakan Nasional, 'untuk Upaya Tingkatkan Gizi dan Pencegahan Stunting di Sekolah-sekolah'

Riau Raih Penghargaan Jalankan Program Gerakan Nasional, 'untuk Upaya Tingkatkan Gizi dan Pencegahan Stunting di Sekolah-sekolah'
Gubernur Riau Syamsuar jalankan program Gernas di Sekolah-sekolah.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerinta Provinsi (Pemprov) Riau meraih penghargaan sebagai provinsi dengan persentase jumlah sekolah terbanyak mengikuti gerakan nasional (Gernas) dalam hal gizi dan upaya pencegahan stunting.

"Gernas yang digagas Kemenkes RI dalam aksi bergizi dan cegah stunting terus dijalankan di Riau."

"Riau salah satu Provinsi dengan sekolah terbanyak ikut Gernas. Memang ini dikuti antusias pelajar dari berbagai sekolah. Kampar misalnya tercatat ada 232 sekolah. Jumlah ini membuat kampar juga mendapatkan penghargaan," kata Sub Koordinator Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Diskes Riau, Rozita menjelaskan yang dilansir mcr, Minggu (4/12).

Gerakan yang digagas Kemenkes RI ini sebelumnya telah dilaksanakan dan langsung dipimpin Gubernur Riau, Syamsuar pada akhir Oktober 2022 lalu, yang dipusatkan di SMAN 8 Pekanbaru.

Pemprov Riau meraih penghargaan dengan persentase jumlah sekolah terbanyak mengikuti kegiatan ini. Atas pencapaian ini, menjadi spirit atas upaya Riau menekan angka stunting, sesuai harapan dari Gubernur Riau.

Rozita menjelaskan, pada Oktober lalu Kemenkes RI mencanangkan kegiatan aksi bergizi. Dimana satu di antara kegiatannya mengenai pencegahan stunting dengan memberikan tablet tambah darah terhadap pelajar secara serentak se Indonesia.

Melalui sosialisasi yang dilakukan Diskes Riau kepada kabupaten/kota, mendapatkan tanggapan postif. Hasilnya, seluruh daerah pun antusias melaksanakan gerakan nasional aksi bergizi dalam upaya pencegahan stunting tersebut secara bersamaan pada 26 Oktober 2022.

Secara keseluruhan sekolah SMP, SMA dan SMK serta Pesantren yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 992 sekolah se-Riau.

Gubri sendiri, kata Rozita lagi diantara lima kepala daerah lainnya di Indonesia saat itu diberi kesempatan langsung berdialog dengan Kemenkes RI melalui teleconference. Ada pun jumlah peserta pelajar yang dilibatkan di tingkat Pekanbaru mulai SMA, SMK dan MAN berjumlah sebanyak 700 pelajar.

Berdasarkan hasil survei Status Gizi Indonesia, Desember 2021 menempatkan angka prevalensi stunting di Provinsi Riau sebesar 22,30 persen. Dari data tersebut, kabupaten/kota yang memiliki tingkat prevalensi stunting tertinggi adalah Kabupaten Rohil sebesar 29,70 persen. (*)

Tags : Gerakan Nasional, Riau Raih Penghargaan Gernas, Provinsi Riau Terbanyak Jumlah Sekolah Gencarkan Gernas, News,