Politik   2024/09/23 12:29 WIB

Ribuan Orang dari Berbagai Latar Belakang Tergabung di LMBN Dukung Syamsuar-Mawardi di Pilgub 2024, 'Ada yang Sampai Pingsan karena Padatnya Massa'

Ribuan Orang dari Berbagai Latar Belakang Tergabung di LMBN Dukung Syamsuar-Mawardi di Pilgub 2024, 'Ada yang Sampai Pingsan karena Padatnya Massa'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Ribuan orang dari berbagai latar belakang tergabung dalam Lembaga Melayu Bersatu Nusantara (LMBN) secara resmi mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Gubernur dan wakil gubernur Riau Syamsuar-Mawardi (SUWAI) untuk Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2024.

"Paguyuban LMBN mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan SUWAI untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di Pilgubri 2024."

Dukungan diberikan karena pasangan tersebut dinilai mampu melanjutkan pembangunan yang sudah terjadi di Provinsi Riau.

Deklarasi tersebut berlangsung dalam sebuah acara deklarasi dan konsolidasi di Pekanbaru, 21 September 2024 yang dihadiri langsung oleh calon Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M.Si serta ratusan anggota organisasi, puak OKP Melayu se Provinsi Riau.

Setidaknya lebih 2.500 peserta hadir dalam acara tersebut, mereka ada dari berbagai paguyuban supir truk, supir angkot, tukang ojek, tukang urut, tukang becak, serta para petani dan para pedagang kaki lima.

Panglima Utama LMBN, Datuk Besar Muhammad Uzer, dalam sambutannya menyatakan bahwa dukungan terhadap paslon SUWAI merupakan aspirasi dari masyarakat Melayu di Riau.

“Kami melihat Pak Syamsuar adalah sosok yang mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat Riau, khususnya dalam upaya menjaga dan memajukan budaya Melayu serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi daerah,” ujar Muhammad Uzer.

Drs H Syamsuar M.Si, Cagubri petahana ini dikenal sebagai figur yang berkomitmen untuk memperjuangkan nilai-nilai kearifan lokal dan memprioritaskan pengembangan daerah melalui program-program berbasis kemandirian ekonomi dan pelestarian budaya.

Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan LMBN dan berkomitmen akan membawa visi besar untuk menjadikan Riau sebagai provinsi yang lebih maju dan bermartabat serta berdaya saing tinggi.

"Mari bersama-sama kita menjaga provinsi Riau yang kita cintai ini. Kalau ada pelito ngapo cari lilin. Kalau Ado orang kito ngapo pilih orang lain," ungkap Syamsuar yang dijawab SUWAI oleh anggota organisasi, puak OKP Melayu se Provinsi Riau.

Acara deklarasi juga dihadiri para tokoh adat, pemuda, serta tokoh perempuan Melayu juga menyampaikan dukungan mereka, menjadikan deklarasi ini sebagai sinyal kuat bahwa paslon SUWAI memiliki basis dukungan yang solid dari komunitas Melayu.

Dukungan LMBN terhadap paslon SUWAI ini diharapkan akan menjadi salah satu faktor penentu dalam peta persaingan politik di Pilgubri mendatang.

Dukungan ini menambah panjang daftar tokoh dan kelompok masyarakat yang mendukung Drs. H. Syamsuar dengan pasangannya DR H Mawardi Muhammad Saleh, LC., MA sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Paslon SUWAI telah menyiapkan 15 Komitmen kerjanya 5 tahun mendatang salah satunya adalah menjaga ketahanan pangan di Provinsi Riau.

Ditambah lagi provinsi Riau sebagai penghasil sawit terbesar di Indonesia. Untuk itu kedepannya dia berkomitmen untuk membentuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mini di Desa-desa bisa saja melalui Bumdes atau koperasi-koperasi.

Selain itu, Paslon SUWAI juga berkomitmen akan membangun Wifi Gratis di setiap Desa di Provinsi Riau dan dokter spesialis kandungan dan penyakit dalam di setiap Puskesmas kecamatan di Provinsi Riau. 

Tetapi Datuk Besar Muhammad Uzer memberikan sejumlah alasan banyak masyarakat lapisan bawah mendukung SUWAI.

Menurutnya, hal itu karena semua keluhan di era kepemimpinan Syamsuar kemarin itu [2019] direspon dan diselesaikan dengan cepat seperti menyangkut, pendidikan dan kesehatan, serta problem sosial lainnya.

"Banyak hal baik itu di kesehatan, pendidikan, sosial masyarakat. Di era Gubernur Syamsuar [2019-2023] respon pelayanannya sangat cepat.

"24 jam saya hubungi selalu respons, misalnya menyangkut masalah pendidikan, kesehatan, dan problem sosial lainnya. Ada rumah tidak layak huni kita beri tahu besoknya diperbaiki," kata Muhammad Uzer.

"Karena itu di ruangan ini, tidak ada aku dan kamu. Yang ada kami. Masa depan itu harus disiapkan agar menjadi sebuah kepastian, bukan keraguan. Maka kami dengan kemantapan hati mendukung pasangan Syamsuar-Mawardi untuk maju kembali melanjutkan hasil karya baktinya untuk rakyat Riau di lima tahun ke depan," tambahnya.

Muhammad Uzer menjelaskan Paguyuban LMBN bertujuan untuk membangun solidaritas persatuan dan kesatuan, serta menjamin rasa aman nyaman dan tentram seluruh rakyat Riau.

Dia menceritakan tentang beberapa kejadian yang dialami masyarakat bawah salah satunya tentang pelajar yang ijazahnya tertahan karena belum mampu menyelesaikan administrasi.

"Alhamdulillah bisa kita selesaikan atas dukungan Syamsuar-Mawardi. Ijazah yang ditahan sekolah, bisa diambil tanpa uang sepeserpun. LMBN siap mendampingi SUWAI," kata Muhammad Uzer.

Pada kesempatan tersebut, Syamsuar menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan LMBN terhadap dirinya dan Mawardi.

Tidak disangka ribuan orang yang terdiri dari lapisan masyarakat bawah seperti tukang parkir, sopir, dan sebagainya berkumpul jadi satu.

"Ini pertemuan dari semua elemen masyarakat yang ada di Riau. Yang pasti bagaimana mereka melihat kemajuan di Riau dan berharap daerah ini ke depan memiliki kepastian. Insyaallah saya dan Mawardi akan mewujudkan kembali Riau yang pasti untuk rakyat. Ini adalah permintaan dari rakyat yang diwakili LMBN. Insyaallah kami sudah memiliki rekom yang cukup untuk maju," kata Syamsuar.

Dia pun turut mengajak kepada masyarakat ataupun pendukungnya agar tidak terpancing dan terprovokasi dengan isu-isu negatif yang menyudutkan dirinya. Sebaliknya, ia meminta kepada masyarakat untuk menyebarkan informasi yang positif daripada harus menjelekan keburukan orang lain.

"Kita harus bikin politik itu happy," tutupnya. (*)

Tags : paguyuban, ormas, dukungan syamsuar-mawardi, paslon suwai dicintai masyarakat riau, pilgub riau 2024, ribuan paguyuban lembaga melayu bersatu nusantara, lmbn dan ormas dukung suwai,