Kesehatan   2024/06/14 9:37 WIB

RS Eka Hospital Gunakan CT Calcium Score untuk Pemeriksaan Agar Jantung Lebih Sehat

RS Eka Hospital Gunakan CT Calcium Score untuk Pemeriksaan Agar Jantung Lebih Sehat
dr Muhammad Hatta, SpJP-FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Pekanbaru.

PEKANBARU - Pemeriksaan CT Calcium Score adalah pemeriksaan jantung menggunakan CT scan untuk melihat seberapa banyak penumpukan kalsium yang ada dalam pembuluh arteri jantung.

Selama bulan Juni 2024, Eka Hospital memberikan apresiasi kepada masyarakat untuk bisa terus menjaga kesehatan jantung menjadi lebih sehat dengan pemeriksaan CT Calcium Score hanya Rp288 Ribu dari harga normal sekitar Rp1,9 juta.

Penumpukan kalsium ini terjadi karena timbunan kolesterol dan lemak yang menimbulkan plak. Plak ini bisa mengeras dan membuat pembuluh darah menjadi menyempit dan kaku. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang berisiko tinggi mengalami penyakit jantung dan serangan jantung.

Pemeriksaan CT Calcium Score berguna mendeteksi penyakit jantung dan stroke bahkan sebelum gejalanya muncul.

Penumpukan kalsium pada arteri jantung disebut dengan kalsifikasi arteri. Kondisi ini terjadi ketika kalsium menumpuk pada dinding pembuluh arteri yang bertugas menyuplai darah ke jantung.

Penumpukan kalsium ini dapat membuat pembuluh darah menjadi kaku dan menyempit. Kondisi ini bisa yang disebut dengan aterosklerosis. Aterosklerosis sendiri diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami serangan jantung dan stroke.

"Pemeriksaan CT Calcium Score dapat membantu anda dengan mudah dan non-invasif untuk tahu seberapa banyak penumpukan yang terjadi, lokasi penumpukan tersebut, dan seberapa besar penumpukan tersebut mungkin membuat pembuluh darah menyempit," ungkap dr Muhammad Hatta, SpJP-FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital Pekanbaru, Rabu (12/6/2024).

Dijelaskan, CT Calcium Score memiliki tujuan utama untuk mencegah dan mengetahui risiko penyakit jantung dan stroke sebelum gejalanya muncul. Artinya, waktu paling tepat untuk melakukan tes ini adalah saat belum ada gejala yang muncul.

Jika rutin melakukan medical-check up, Anda bisa meminta CT Calcium Score dalam pemeriksaan yang Anda lakukan untuk mengetahui seberapa tinggi risiko Anda terhadap penyakit jantung.

Apabila Anda tidak punya riwayat sakit jantung, tapi ingin mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan jantung, atau sekadar ingin tahu seberapa besar risiko yang Anda miliki, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan CT Calcium Score.

Terlebih jika Anda sudah berusia 40-70 tahun di mana memiliki risiko penumpukan kalsium di pembuluh darah arteri.

Yang terpenting, CT Calcium Score akan memberikan manfaat paling optimal saat seseorang tidak memiliki risiko tinggi terhadap sakit jantung dan belum ada gejala yang muncul.

"Anda bisa melakukannya 3-5 tahun sekali bersamaan dengan medical check-up untuk mengetahui apakah kondisi jantung Anda masih memiliki risiko yang rendah atau sudah meningkat," kata dr Hatta.

Diungkapkan dr Hatta, pemeriksaan CT Calcium Score direkomendasikan pada orang yang sudah berusia di atas 40 tahun dan kemungkinan memiliki risiko penyakit jantung yang mulai meningkat atau risiko sedang.

Kelompok orang yang dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan CT Calcium Score ini diantaranya, punya riwayat sakit jantung dalam keluarga dan belum muncul gejala, perokok, baik saat ini atau di masa lalu, punya riwayat kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki gaya hidup sedenter (kurang aktif bergerak/jarang olahraga) dan berusia 40 tahun atau lebih dan memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung.

"Jika Anda memiliki berbagai kriteria di atas, dan belum memiliki gejala penyakit jantung, melakukan CT Calcium Score adalah langkah tepat untuk mengetahui risiko Anda terhadap sakit jantung sekaligus menjaga kondisi jantung," kata dr Hatta.

CT Calcium Score akan sangat bermanfaat jika dilakukan pada orang yang memiliki risiko sakit jantung rendah hingga sedang. Sebab, apabila potensi serangan jantung atau penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya diketahui sejak gejala belum berkembang, pengobatan yang dilakukan cenderung akan lebih efektif.

Jika Anda termasuk ke dalam orang yang perlu menjalani CT Calcium Score, segera konsultasi ke dokter spesialis jantung dengan mengunjungi MYCardia, Eka Hospital.

Tak sekadar melakukan pemeriksaan, dokter juga akan membantu Anda membacakan hasil tes yang dijalankan serta memberikan saran medis untuk menjaga kesehatan Anda dan memastikan risiko Anda terhadap penyakit jantung tetap rendah. Ayo jaga kesehatan jantung Anda agar tetap selalu sehat. (rilis)

Tags : RS Eka Hospital, pekanbaru, kesehatan jantung, eka hospital gunakan CT Calcium Score, Pemeriksaan Jantung Lebih Sehat,