Headline Kesehatan   2024/08/28 11:48 WIB

RSUD Arifin Achmad Mulai Lakukan Pemeriksaan Cek Kesehatan para Cakada untuk Bertarung di Pilkada 2024

RSUD Arifin Achmad Mulai Lakukan Pemeriksaan Cek Kesehatan para Cakada untuk Bertarung di Pilkada 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau siap memulai rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi para calon kepala daerah (Cakada) yang akan bertarung dalam Pilkada serentak pada November 2024.

"RSUD Arifin Achmad mulai lakukan pemeriksaan cek kesehatan para Cakada."

"Pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah (Cakada) di Riau kami mulai Rabu pagi," kata Direktur RSUD Arifin Achmad, drg Wan Fajriatul SpKG pada media, Rabu (27/8).

"Total ada tiga pasang calon kepala daerah yang diperiksa kesehatannya, yakni satu pasang dari tingkat provinsi dan dua pasang dari kabupaten/kota," sebutnya.

Sebanyak 80 dokter telah disiapkan untuk menangani proses pemeriksaan tersebut, yang akan dilaksanakan secara terpusat di RSUD Arifin Achmad.

Wan Fajriatul menyampaikan, pemeriksaan kesehatan hari ini dijadwalkan dimulai pada Rabu 28 Agustus 2024 ini.

Pemeriksaan ini mencakup tiga aspek utama, yaitu kesehatan jasmani, rohani, dan narkotika, psikotropika, serta zat adiktif (napza).

Untuk memastikan pemeriksaan berjalan sesuai prosedur, RSUD Arifin Achmad juga bekerja sama dengan tim dokter dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau.

"Jadi ada tiga jenis pemeriksaan yang dilakukan. Kami juga melibatkan tim dokter RSJ Tampan dan BNNP Riau," jelas drg Wan Fajriatul.

Lebih lanjut, ia menambahkan, setelah seluruh rangkaian pemeriksaan selesai, hasilnya akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau.

"Untuk hasil pemeriksaan kesehatan akan kami serahkan ke KPU Riau. Mereka yang memiliki kewenangan untuk mengumumkan hasil tersebut," pungkasnya.

Pemeriksaan kesehatan ini menjadi tahapan krusial dalam proses Pilkada di Riau, yang melibatkan calon dari 12 kabupaten/kota serta tingkat provinsi. (*)

Tags : kesehatan calon kepala daerah, rsud arifin achmad lakukan pemeriksaan kesehatan, para cakada, pilkada 2024,