Pekanbaru   2024/10/06 11:11 WIB

RSUD Arifin Achmad Selalu Banyak dapat Rujukan, 'Jadi Buat Tambah Jam Pelayanan Poliklinik'

RSUD Arifin Achmad Selalu Banyak dapat Rujukan, 'Jadi Buat Tambah Jam Pelayanan Poliklinik'
Direktur RSUD Arifin Achmad, drg Wan Fajriatul Mamnunah.

PEKANBARU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau, yang menjadi rumah sakit rujukan bagi 12 kabupaten/kota di Riau, terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"RSUD Arifin Achmad banyak dapat rujukan hingga menambah jam pelayanan poliklinik."

"Penambahan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama pasien rujukan dari berbagai daerah di Riau," kata Direktur RSUD Arifin Achmad, drg Wan Fajriatul Mamnunah, Sp.KG, Sabtu (5/10).

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan tambahan pelayanan pada hari Sabtu, mengingat banyak pasien yang sebelumnya kesulitan mendapatkan layanan di hari kerja," sebut Wan Fajriatul Mamnunah.

Menurutnya, langkah terbaru yang diambil adalah penambahan jam pelayanan di poliklinik rawat jalan spesialis dan subspesialis, yang kini beroperasi selama enam hari dalam seminggu.

Wan Fajriatul Mamnunah menjelaskan bahwa sebelumnya poliklinik rawat jalan hanya melayani pasien dari Senin hingga Jumat.

Namun, berdasarkan Surat Edaran Direktur No: 449/Dir-RSUD/2024/384 tertanggal 1 Oktober 2024, jam pelayanan diperpanjang hingga hari Sabtu, efektif mulai 7 Oktober 2024.

Ia juga mengungkapkan bahwa RSUD Arifin Achmad sering menerima aspirasi dari masyarakat di berbagai daerah, seperti Kabupaten Indragiri Hilir dan Kepulauan Meranti, yang terkendala jarak dan hanya bisa datang di hari Sabtu.

Sebelumnya, mereka terpaksa menggunakan layanan IGD karena poliklinik tutup pada akhir pekan.

“Banyak masyarakat dari daerah yang terpaksa datang ke IGD untuk mendapatkan perawatan, karena mereka tidak punya tempat tinggal di Pekanbaru dan harus menempuh perjalanan jauh jika kembali tanpa mendapatkan layanan," jelasnya.

Penambahan jam operasional ini merupakan komitmen RSUD Arifin Achmad dalam memberikan pelayanan kesehatan yang lebih mudah diakses oleh masyarakat Riau.

Harapannya, dengan adanya pelayanan pada hari Sabtu, pasien tidak perlu lagi menunda pengobatan atau menempuh perjalanan panjang di luar hari kerja.

Ke depan, RSUD Arifin Achmad berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan akses layanan kesehatan demi kesejahteraan masyarakat Riau. (*)

Tags : rumah sakit daerah, rsud arifin achmad, pekanbaru, rsud banyak dapat rujukan, rsud arifin achmad tambah jam pelayanan poliklinik,