News Kota   2024/02/16 8:49 WIB

Rumah Sakit Jiwa Siapkan Layanan Kesehatan Mental untuk Caleg Gagal di Pileg 2024

Rumah Sakit Jiwa Siapkan Layanan Kesehatan Mental untuk Caleg Gagal di Pileg 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Rumah Sakit Jiwa [RSJ] Tampan Provinsi Riau telah mendeklarasikan kesiapannya untuk memberikan bantuan kesehatan mental kepada calon legislatif (caleg) yang menghadapi tekanan emosional pasca-gagal di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

"Rumah Sakit Jiwa siapkan layanan kesehatan mental untuk caleg gagal."

"Tidak ada persiapan khusus. Namun, kami sudah siap melayani jika ada yang depresi atau stress. Kami mempunyai dengan tenaga kesehatan delapan orang spesialis kedokteran jiwa dan delapan spesialis non jiwa," kata Direktur RSJ Tampan, Zainal Arifin,  Rabu (14/2).

Zainal Arifin menyatakan, meski tidak ada persiapan khusus, mereka telah menyiapkan delapan dokter spesialis jiwa dan delapan spesialis non-jiwa untuk memberikan layanan.

Ia menambahkan, RSJ Tampan Riau selalu bersedia memberikan dukungan dan perawatan bagi masyarakat yang membutuhkan, termasuk dokter spesialis untuk pasien dengan gangguan jiwa yang memiliki penyakit komplikasi.

Dalam mengantisipasi kemungkinan depresi caleg kabupaten/kota se-Riau, RSJ Tampan akan memperkuat poliklinik khusus sebagai pusat konsultasi untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa.

"Mungkin nanti kita akan menyiapkan poli-poli khusus, karena biasanya mereka (caleg gagal) akan melakukan konsultasi. Poli khusus ini seperti pusat konsultasi untuk yang bermasalah terhadap gangguan kejiwaan. Jadi poli konsultasi ini yang diperkuat," jelasnya.

Dengan dukungan penuh dari RSJ Tampan, diharapkan caleg yang mengalami tekanan mental dapat mendapatkan perawatan yang tepat dan mendukung pemulihan kesehatan mereka. (*)

Tags : rumah sakit jiwa, rsj, riau, rsj siapkan layanan kesehatan mental, caleg gagal diberi layanan kesehatan, pileg 2024, News Kota,