Headline Linkungan   2021/10/14 14:45 WIB

Rumah Terapung Mungkin Solusi Masa Depan Ditengah Ancaman Naiknya Permukaan Laut

Rumah Terapung Mungkin Solusi Masa Depan Ditengah Ancaman Naiknya Permukaan Laut

LINGKUNGAN - Permukiman di atas air disebut-sebut merupakan solusi potensial saat Bumi dilanda persoalan naiknya perrmukaan air laut dan kejadian cuaca ekstrem yang meningkat.

Ada gerimis tipis di udara sore saat saya melangkah ke dermaga putih lebar yang menandai batas Waterbuurt, kawasan terapung di Amsterdam, Belanda. Meski selalu terancam diguyur hujan, warga di rumah-rumah padat berlantai tiga yang terombang-ambing di danau kecil di tepi timur ibu kota Belanda itu, sibuk menikmati sore hari.

Seorang ibu dan anak perempuannya melempar pancing dari jendela dapur mereka. Sementara itu dua anak laki-laki menceburkan diri mereka ke air. Mereka menunggu giliran naik ke ayunan gantung di bawah jembatan. Bangku, sepeda, dan tempat barbekyu berjajar di pagar dermaga, diselingi setiap 10 meter oleh lingkaran kehidupan berwarna oranye terang.

Saya dipandu oleh Ton van Namen dalam kunjungan ke komunitas semi-akuatik yang unik ini. Perusahaan milik van Namen, Monteflore, mendalangi proyek permukiman itu. Namun, alih-alih melontarkan keberhasilan pengembangan yang mendorong lingkungan yang sekarang mencakup 100 rumah terapung, dia lebih tertarik membahas berbagai masalah yang tampaknya tak ada habisnya dalam proyeknya.

Isu-isu itu dulunya menjadi penyebab frustrasi terbesar, tapi sekarang tampaknya menjadi sumber hiburan yang besar. "Oh, lalu ada masalah dengan rencana zonasi," kata van Namen saat kami berjalan di dermaga. Seseorang menulis bahwa semua rumah akan berada pada ketinggian tertentu di atas permukaan jalan. Tapi tentu saja, di sini, rumah-rumah itu naik dan turun."

Van Namen tertawa terbahak-bahak sehingga ibu dan anak itu mendongak, terkesan tidak senang dengan gangguan terhadap ketenangan mereka. Masuk akal bahwa Belanda adalah negara yang menguji potensi permukiman di atas air, mengingat etos hijau negara itu dan sejarah desain inovatif mereka.

Negara ini juga merupakan dataran terendah di Eropa, membuat kenaikan permukaan laut menjadi ancaman yang sangat nyata. Tapi bukan hanya perrumahan terapung yang dicoba oleh orang Belanda.

Sekitar 55 kilometer ke selatan Amsterdam, Minke Van Wingerden memimpin kawanan sapi perahnya ke gang dan ke kandang mereka yang canggih, yang meluncur ke tanker raksasa dan kapal barang di perairan Rotterdam Dock . "Malam sebelum kawanan sapi datang, saya tidak tidur sepanjang malam, tapi itu berjalan lancar. Mereka langsung mendapatkan keseimbangan," katanya sambil mengulurkan segenggam jerami untuk salah satu sapi perah coklatnya.

Gagasan peternakan terapung lahir setelah mitra Van Wingerden, Peter, menyaksikan gangguan yang disebabkan Badai Sandy pada jaringan transportasi dan persediaan makanan New York pada 2012.

Danau Titicaca di perbatasan Bolivia dan Peru adalah rumah bagi sejumlah pulau alang-alang yang dibudidayakan masyarakat Uru

Dia mengingat bagaimana rak supermarket di Manhattan tetap kosong beberapa hari setelah bencana. Sekembalinya ke Belanda, ia dan Van Wingerden berangkat untuk membuat peternakan yang adaptif terhadap iklim.

Peternakan mereka, yang dibuka pada 2019, adalah rumah bagi 40 sapi yang berkeliaran di antara padang rumput sisi dermaga dan fasilitas terapung. Ini adalah yang pertama dari jenisnya di dunia.

Peternakan ini menghasilkan susu, keju, dan yoghurt, serta pupuk kandang. Produk itu menempuh jarak dekat untuk sampai ke pelanggan dengan sepeda listrik.

Sementara itu, produk limbah dari kota melengkapi pakan sapi, mulai dari sisa makanan dari restoran hingga kelebihan rumput dari stadion tim sepak bola lokal, Feyenoord. "Lokasi kami memungkinkan kami untuk memproduksi dan menjual makanan sehat di kota ini dengan cara yang sangat berkelanjutan," kata Van Wingerden seperti dirilis BBC.

Dia juga memiliki ide untuk pertanian sayuran terapung dan bahkan peternakan ayam. "Saya pikir ada masa depan yang besar untuk peternakan terapung". Menyaksikan orang-orang sukses di Belanda yang hidup dan bertani di atas air, menimbulkan pertanyaan apakah kita akan segera mengunjungi seluruh kota yang mengapung.

Didukung oleh PBB, perusahaan AS, Oceanix, memimpin pembangunan tempat tinggal manusia terapung berskala besar. Mereka saat ini mengembangkan apa yang mereka gambarkan sebagai "komunitas terapung pertama yang tangguh dan berkelanjutan di dunia untuk 10.000 penduduk di lahan seluas 75 hektare". "Merujuk persoalannya naiknya permukaan air laut, para pengambil keputusan di berbagai kota pesisir pada dasarnya memiliki dua pilihan," kata CEO Oceanix, Marc Collins Chen.

"Bangun tembok besar, yang sepertinya tidak akan pernah cukup tinggi atau dengan cara kedua, lihat teknik terbaru, yang mengambang di tempatnya."

Meski diberi label sebagai kota terapung, yang diusulkan Oceanix, setidaknya pada tahap awal, lebih mirip distrik terapung besar; ekspansi akuatik ke kota-kota besar pesisir yang penuh sesak, yang sudah berjuang dengan naiknya permukaan laut, seperti Jakarta atau Shanghai.

Kota baru ini akan memiliki luas dua hektare yang terapung, platform segitiga, yang masing-masing diharapkan menjadi rumah bagi 300 orang, dengan ruang tambahan untuk pertanian dan rekreasi. Wilayah ini dapat disatukan untuk membentuk pemukiman yang semakin luas.

"Kami sedang membangun infrastruktur yang mampu mengatasi peristiwa iklim ekstrem, serta sangat berkelanjutan," kata Chen. "Kami ingin pemukiman ini tidak menggunakan bahan bakar fosil. Ini semua energi terbarukan, dan kami mencoba untuk menumbuhkan 100% dari kebutuhan protein kami."

Kedengarannya sangat mengesankan, tapi bisakah perluasan kota terapung ini menjadi kenyataan dalam hidup kita? "Oh, itu terjadi," kata Chen. "Kami akan melihat prototipe terapung dalam beberapa tahun ke depan. Saya sangat yakin akan hal itu."

Kota terapung mungkin tampak seperti fiksi ilmiah, tapi sebenarnya, manusia telah hidup, dan bertani, di habitat terapung selama berabad-abad. "Kami telah menyusun daftar 64 studi kasus komunitas adat terapung di seluruh dunia," kata Julia Watson, dosen desain di Universitas Harvard sekaligus penulis LO-TEK. Design by Radical Indigenism.

Buku itu mengeksplorasi desain yang dapat kita pelajari dari beragam budaya lokal. "Terlebih lagi, sistem adat ini secara inheren selalu berkelanjutan, sesuatu yang tidak dimiliki kota-kota kita saat ini," ucapnya.

Contoh komunitas terapung masih dapat ditemukan sampai sekarang, seperti pulau alang-alang yang dibudidayakan orang Uru di Danau Titicaca, di perbatasan Bolivia dan Peru. Kebun terapung masih lebih umum, terutama di Bangladesh, di mana petani menabur benih di "rakit" yang terbuat dari rumput liar, yang naik dan turun dengan air banjir setelah musim hujan tahunan.

Agak ironis, pembangunan kota-kota besarlah yang menyebabkan hilangnya banyak habitat dan praktik di perairan ini, yang sekarang disebut-sebut sebagai masa depan kehidupan perkotaan. "Di Eropa dan China, perkembangan kota dan pengisian lahan basah dan danau sayangnya menghapus banyak teknologi ini," kata Watson.

Kembali di Amsterdam, van Namen sedang mengatasi masalah lain saat kami berdiri di ujung dermaga utama Waterbuurt, menyaksikan salah satu penghuni memandu papan dayung di antara dua rumah terapung. "Rumah semi-terpisah benar-benar membuat kami pusing. Terutama di awal, ketika yang satu dihuni dan yang lain tidak," katanya.

"Sekarang, rumah tangga biasa memiliki sekitar beberapa ton barang yang dibawa, jadi Anda bisa membayangkan ada banyak barang yang terlihat sedikit... tidak seimbang."

Van Namen memegang lengannya pada sudut 45 derajat untuk mengilustrasikan maksudnya, sebelum menampar lututnya. Saat kami berjalan kembali di sepanjang dermaga ke daratan, saya sangat ingin mengetahui apakah van Namen, yang telah mengalami bermacam-macam persoalan arsitektur terapung, menganggap struktur yang di atas air ditakdirkan untuk menjadi kehidupan sehari-hari. "Pendekatan ini mungkin. Ada banyak kota di dunia dengan pelabuhan dan dermaga di mana Anda dapat mewujudkan proyek kurang lebih seperti ini," ujarnya.

Dia mencatat popularitas permukiman itu telah terbukti dengan penduduk dan minat yang ditunjukkan pada pembangunan oleh pejabat kota dan perusahaan arsitek di seluruh dunia. "Dan tentu saja, dengan semua masalah yang kita miliki dengan naiknya permukaan air, strategi ini bisa menjadi solusi," kata van Namen.

"Tentu saja itu bukan solusi," katanya, dengan ketegasan yang tidak seperti biasanya, "Solusinya adalah menghentikan kenaikan permukaan laut lebih tinggi lagi."

Sayangnya, itu satu masalah yang bahkan tidak bisa dipecahkan oleh van Namen. (*)

Tags : Rumah Terapung, Solusi Masa Depan, Lingkungan, Ancaman Naiknya Permukaan Laut,