News   2020/08/04 07:36:00 PM WIB

Sambut HUT Riau dan RI Digelar Swab Test-Donor Darah

Sambut HUT Riau dan RI Digelar Swab Test-Donor Darah

PEKANBARU, RIAUPAGI.com - Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Riau dan juga HUT ke-75 RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau gelar swab test massal dan donor darah bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), beserta Tenaga Harian Lepas (THL) yang bekerja di lingkungan Pemprov Riau.

"Kami sangat mendukung atas dilaksanakannya swab massal dan donor darah yang digelar oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau. Selain itu, swab massal ini tidak hanya diperuntukkan bagi ASN saja, tetapi juga diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin ikut swab," kata Wagubri Edy Natar Nasution yang acara itu dilaksankaan di halaman gedung sembilan lantai kawasan Kantor Gubernur Riau, Selasa (4/8/2020). 

Wagubri menyampaikan walaupun dilakukan pemeriksaan swab massal, tetapi protokol kesehatan tetap diterapkan sesuai dengan standar operasional. "Pada masa tatanan hidup baru (new normal) ini, Pemprov Riau juga telah menerapkan SOP protokol kesehatan yang betul-betul harus kita laksanakan bersama," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir menambahkan, maksud dan tujuan dari kegiatan yang dilaksanakan ini adalah untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus corona di lingkungan ASN Pemprov Riau, supaya dapat memutus mata rantai penularan dan penyebaran covid-19. Beberapa minggu ini terjadi peningkatan kasus yang cukup drastis di Riau. Dari awalnya hanya beberapa orang per hari hingga terakhir mencapai 50 kasus perhari. "Ini harus menjadi perhatian bagi kita semua, swab massal ini sebagai salah satu cara memutuskan mata rantai penyebaran covid-19," jelasnya.

Kadiskes juga berharap, nantinya hasil swab massal tersebut banyak menunjukkan hasil yang negatif. Namun jika memang ada yang terpapar, agar dapat dengan cepat ditangani supaya tidak terjadi penyebaran lebih banyak. Swab massal ini ditargetkan periksa 1.500 orang selama dua hari, (hari ini dan besok). 

Penulis: Abdulah Sani
Editor: Elfi yandera

Tags : Swab Test masal, Pemprov Riau gelar Swab Test, Donor Darah,