News Kota   2022/01/30 13:45 WIB

Sambut Imlek 2022 Vihara di Pekanbaru, 'Bersolek dan Bersih-bersih' Tempat Ibadah

Sambut Imlek 2022 Vihara di Pekanbaru, 'Bersolek dan Bersih-bersih' Tempat Ibadah

PEKANBARU - Perayaan tahun baru Imlek 2573/2022 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh warga Tionghoa yang berada di Kota Pekanbaru, Riau.

"Persiapan menyambut tahun baru Imlek sejumlah vihara di Kota Pekanbaru bersih-bersih tempat ibadah."

"Ya warga Tionghoa saat ini sedang bersih-bersih tempat ibadah, memasang ratusan lampion serta pernak-pernik Imlek lainya di tempat ibadah," kata Wakil Sekretaris Mapanbumi Riau, Dharmaji Chowmas dalam percakapannya seperti pada Sabtu (29/1/2022) kemarin.

Seperti nampak seluruh area Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya bersih-bersih, begitu juga dengan membersihkan Buddha Rupang, pasang lampion, dan photo booth untuk pengunjung. Warga Tiong Hoa pun bersama-sama mempercantik klenteng.

Masa pandemi Covid-19 ini area Maha Vihara melakukan persiapan perayaan Tahun Baru Imlek dengan sederhana. "Persiapan kita lakukan dengan sederhana, kita buat patung macan air karena shio tahun ini adalah Shio Macan Air kemudian kita bersih-bersih tempat sembahyang dan memasang 209 lampion," kata Dharmaji Chowmas.

"Untuk shio tahun baru ini merupakan shio macan air sebagaimana filosofi macan sangat tangguh dan perkasa."

"Air adalah kebutuhan hidup manusia, jadi semua rezeki bisa nambah, kesehatan juga bagus, minimal bisa menangkal covid-19. Secara umum bagus untuk shio macan air pada imlek tahun ini," jelas Dharmaji Chowmas.

Selain bersih-bersih tempat sembahyang, persiapan menyambut Imlek area Maha Vihara juga membuat patung macan air emas yang ditempatkan di pintu masuk klenteng menghadap ke arah laut.

Jadi menjelang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 mendatang, sejumlah vihara di Kota Pekanbaru mulai berbenah. Pembenahan dilakukan di seluruh kawasan vihara.

Vihara selain dibersihkan juga membangun photo booth di dalam vihara untuk menyemarakkan Imlek. “Semua sampah-sampah yang tidak berguna kita buang semuanya sebagai langkah menyambut tahun baru, jadi dalam tahun baru ini hendaklah semua sudah bersih, jadi itu suatu simbol bersih lingkungan dan bersih rohani kita,” katanya menambahkan saat Imlek pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, seperti mencuci tangan, jarak jarak dan pakai masker.

Tidak ada acara khusus dalam Imlek kali ini seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Misalnya acara makan bersama yang biasanya diikuti ribuan pengunjung Maha Vihara dan Pusdiklat Bumi Suci Maitreya. Dharmaji juga mengimbau kepada masyarakat, kalau tidak penting sekali, bisa beribadah di rumah saja yang juga akan membatasi pengunjung kebaktian umum secara berganti-gantian. (rp.sdp/*)

Tags : Imlek, Klenteng dan Vihara di Pekanbaru bersolek, News Kota, Klenteng dan Vihara Bersih-bersih,