News Kota   2024/06/05 13:17 WIB

Sapi Jenis Brangus Bantuan Presiden dengan Bobot 835 Kg Terpilih Dipotong untuk Riau

Sapi Jenis Brangus Bantuan Presiden dengan Bobot 835 Kg Terpilih Dipotong untuk Riau
Sapi Jenis Brangus Bantuan Presiden.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mendapatkan calon sapi kurban bantuan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk masyarakat Riau.

"Sapi jenis Brangus dengan bobot 835 kilogram terpilih untuk Riau."

"Sudah terpilih sapi milik warga Pekanbaru. Beratnya 835 kilogram, jenis Brangus umur 3 tahun," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Masrul Kasmy, Rabu (5/6).

Masrul Kasmy menyebutkan sapi kurban bantuan Presiden tersebut milik peternak asal Kota Pekanbaru atas nama Afrizal.

Masrul Kasmy mengatakan, sapi jenis Brangus tersebut merupakan kawin silang sapi jenis Brahman dan sapi Angus. Sapi juga telah dilakukan pemerintah dan sudah divaksin.

"Sapi Brangus ini campuran antara sapi Brahman dan sapi Angus. Sapi sudah masuk kriteria sapi kurban Presiden. Di mana kondisi sapi sehat, sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan sudah vaksin PMK lengkap," terangnya.

Untuk diketahui, Provinsi Riau tahun 2024 ini kembali mendapat bantuan sapi kurban dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Daging sapi tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat di lokasi sapi itu dipotong.

Sebelumnya, Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau, Imron Rosyadi mengatakan, sapi kurban Presiden Jokowi tersebut nantinya akan disembelih di Masjid Ibadah, Jalan Kereta Api, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

"Untuk sementara lokasinya penyembelihan kurban bantuan Presiden disana (Masjid Ibadah). Insyaallah pak Pj Gubernur yang akan menghadiri pemotongan hewan kurban bantuan Presiden," kata Imron.

Di mana tahun 2023 Provinsi Riau juga mendapat sapi kurban bantuan kemasyarakatan Presiden.

Sapi kurban bantuan presiden tahun lalu merupakan sapi Brahman seberat 906 Kg milik peternak Franto Kukuh Sulahi Rio, warga Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Sapi kurban bantuan kemasyarakatan dari Presiden Jokowi untuk masyarakat Riau pada Idul Adha 1444 Hijryah dipotong di komplek Masjid Nurul Wathan Provinsi Riau yang berada di Jalan Siak ll, Kelurahan Sri Meranti Rumbai, Kota Pekanbaru. (*)

Tags : sapi bantuan presiden, sapi jenis brangus bantuan presiden, sapi bobot 835 Kg dari presiden, sapi jenis brangus bantuan presiden untuk riau, News Kota ,