News Kota   2024/10/04 9:49 WIB

Satpol PP Pekanbaru Siap Dukung dan Amankan Pilkada 2024

Satpol PP Pekanbaru Siap Dukung dan Amankan Pilkada 2024
Personel Satpol PP Kota Pekanbaru bersama personel Satlinmas mengikuti apel besar di lapangan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis (3/10/2024).

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Ratusan personel Satpol PP Kota Pekanbaru bersama personel Satlinmas mengikuti apel besar di lapangan Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Kamis (3/10/2024).

"Satpol PP Pekanbaru dukung Pilkada 2024."

“Apel dilaksankaan sebagai bentuk kesiapan kami dari Satpol PP dan Satlinmas dalam membantu pengamanan pada Pilkada 2024,” kata Kasatpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Kamis (3/10).

"Ini juga merupakan bentuk komitmen kami, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pj Wali Kota Pekanbaru terkait netralitas ASN dan tenaga non-ASN dalam Pilkada," tambahnya.

Apel tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan dalam mendukung pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Pekanbaru.

Ia juga menekankan, netralitas merupakan aspek yang tidak dapat ditawar-tawar dalam tugas mereka.

Apel yang dipimpin langsung Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa ini, merupakan momentum penting untuk menunjukkan komitmen dan kesiapan Satpol PP dan Satlinmas dalam menjaga keamanan serta netralitas selama proses Pilkada berlangsung.

Tahapan kampanye Pilkada sendiri telah dimulai sejak pekan lalu, dan pengamanan dari pihak Satpol PP dianggap krusial dalam menjaga kondusivitas pelaksanaan pesta demokrasi ini.

Zulfahmi Adrian menegaskan, apel besar ini menjadi bukti kesiapan penuh pihaknya untuk menjaga ketertiban selama tahapan Pilkada.

Lebih lanjut, Zulfahmi menyampaikan, seluruh personel Satpol PP Kota Pekanbaru telah diingatkan untuk mematuhi seluruh aturan yang berlaku selama penyelenggaraan Pilkada.

Ia menegaskan pentingnya netralitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta menghindari keterlibatan dalam politik praktis.

“Kita sudah ingatkan agar tidak terprovokasi atau memihak salah satu kandidat mana pun, sehingga penyelenggaraan Pilkada berlangsung kondusif,” tegasnya.

Apel ini juga menjadi wujud penguatan koordinasi lintas sektoral antara Satpol PP dan pihak-pihak terkait yang akan terlibat dalam pengamanan Pilkada serentak di Pekanbaru.

Kesiapan ini diharapkan mampu mendukung kelancaran proses demokrasi yang akan berlangsung hingga pemungutan suara pada akhir tahun nanti. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : satuan polisi pamong praja, satpol pp, pekanbaru, satpol pp dukung pilkada 2024, News Kota,