Bisnis   2024/08/10 11:27 WIB

Sawit Indonesia Expo and Conference 2024 Digelar di Ska-Coex Pekanbaru untuk Sambut HUT RI dan Riau

Sawit Indonesia Expo and Conference 2024 Digelar di Ska-Coex Pekanbaru untuk Sambut HUT RI dan Riau
Sawit Indonesia Expo and Conference 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto membuka  2nd Sawit Indonesia Expo and Conference (SIEXPO) 2024 di Pekanbaru Convention and Exhibition (Ska-Coex), Riau,  Kamis (8/8/2024). 

Dalam sambutannya, SF Hariyanto menyampaikan, pameran SIEXPO 2024 ini diselenggarakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia dan HUT ke-67 Provinsi Riau pada 9 Agustus 2024.

Menurutnya, melalui pameran ini diharapkan menjadi ajang promosi baik bagi pemerintah maupun pelaku usaha, serta memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya menggambarkan pengelolaan Perkebunan sawit di Riau yang berkelanjutan, baik aspek sosial ekonomi maupun lingkungan.

“Kami menyampaikan selamat menyelenggarakan pameran Sawit Indonesia Expo, semoga acara ini berjalan dengan lancar sesuai harapan kita semua,” ucap Hariyanto.

Hadir dalam pembukaan SIEXPO 2024 antara lain M.Nasir (Anggota DPR RI Komisi VII), Dr. Gulat ME Manurung (Ketua Umum APKASINDO), Rini Hartatie (Wakajati Riau), Eddy Martono (Ketua Umum GAPKI), Dr. Syahrial Abdi (Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau).

Lalu, KH. Rusli Ahmad (Ketua Santri Tani NU), dan Dr. Rusman Heriawan (Wakil Menteri Pertanian RI 2011-2014).  Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Ketua Panitia Pelaksana SIEXPO 2024, Qayuum Amri mengatakan, Majalah Sawit Indonesia telah menunaikan janjinya untuk kembali mengadakan gelaran yang pertama kali diselenggarakan pada 2023 lalu. Dia berharap, acara tahun ini bisa berkontribusi terhadap pembangunan industri kelapa sawit dan kesejahteraan masyarakat di Riau.

“Maka itu kami di SIEXPO kali ini kami mengambil tema “Kemitraan dan Penguatan Produktivitas Sawit di Indonesia” dari 8-10 Agustus 2024. Kami meyakini bahwa Riau merupakan barometer sawit nasional,” ujarnya.

Dikatakannya, acara tahun ini mengalami perbedaan. Pada tahun lalu ada 100 peserta pameran, sekarang sudah ada 150 peserta yang menampilkan benih, pupuk, pestisida, sarana prasana hingga produk agrokimia. Di samping itu, kata dia, kepesertaan event ini juga sudah go internasional, terbukti keikutsertaan perusahaan dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, India, hingga Jerman. 

“Ini membuktikan bahwa kegiatan ini sesuai target dari Bang Gulat Manurung sebagai dewan pengarah, harus naik kelas,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Dr. Ir. Gulat Medali Emas Manurung, MP, C.APO mengatakan dalam sambutannya, acara ini momentum bagi kebangkitan sawit nasional.

“Melihat Riau yang maju, karena ada 4,1 juta hektar lahan sawit menurut KLHK 2021. Faktanya 68 persen ekonomi sawit itu ditolong petani,” ujar Ketua Dewan Pengarah SIEXPO 2024 itu.

Menurutnya, ekonomi Riau sangat tergantung terhadap petani sawit. Buktinya, ujar Gulat, saat harga tandan buah segar (TBS) kurang dari Rp1.500, mahasiswa keluarga petani sawit 90 menunggak kuliah. 

“Saat ini tidak ada satupun showroom yang kosong penjualannya, tidak ada kredit macet, kenapa, karena petani sawit di riau menerima harga rata rata Rp2.600- Rp3.050 per kg. Tepuk tangan untuk Disbun yang selalu menjaga harga TBS Riau. Ekonomi Riau positif jika harga sawit naik,” jelasnya. (*)

Tags : Pj Gubri, Sawit Indonesia Expo and Conference, 2024, Pekanbaru, Ska-Coex, Sambut HUT RI dan Riau,