Headline Kesehatan   2024/09/24 11:20 WIB

Seiring Pertambahan Usia Terjadi Penurunan Daya Ingat, Biasakan 7 Hal Ini Setiap Pagi

Seiring Pertambahan Usia Terjadi Penurunan Daya Ingat, Biasakan 7 Hal Ini Setiap Pagi

KESEHATAN - Daya ingat yang kuat penting untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Menariknya, ada beberapa kebiasaan pagi hari yang bisa membantu mempertajam daya ingat.

Penurunan daya ingat merupakan kondisi yang umum seiring pertambahan usia. Hal ini terjadi seiring dengan penurunan fungsi kognitif seiring berjalannya waktu.

Penting untuk menjaga daya ingat tetap tajam. Dengan daya ingat yang baik, Anda lebih mudah mengingat sesuatu, teliti, dan cekatan.

Kebiasaan pagi hari untuk meningkatkan daya ingat

Menjaga daya ingat tetap tajam sangat penting untuk fungsi kognitif secara keseluruhan.

Pagi hari sendiri dipercaya berperan penting dalam hal ini. Pagi hari menjadi waktu terbaik untuk menentukan berjalannya aktivitas harian.

Berikut beberapa kebiasaan pagi yang bisa meningkatkan daya ingat, mengutip berbagai sumber.

1. Minum air putih

Minum air mineral di pagi hari jadi cara efektif untuk mempersiapkan otak menjalani aktivitas harian. Mengutip Times of India, dehidrasi sendiri telah ditemukan dapat memengaruhi daya ingat dan menurunkan konsentrasi.

2. Olahraga ringan

Olahraga di pagi hari tak cuma baik untuk kesehatan fisik. Tapi, olahraga juga bisa meningkatkan kesehatan otak dengan baik. Anda bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari seperti berjalan kaki, yoga, dan peregangan. Kesemuanya telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif.

3. Meditasi

Memulai hari dengan beberapa menit meditasi juga dipercaya dapat berpengaruh terhadap daya ingat dan kemampuan fokus. Praktik mindfulness seperti meditasi dapat meningkatkan materi abu-abu pada otak yang jadi penentu kecerdasan.

4. Membaca buku

Tantang otak Anda dengan informasi-informasi baru pada pagi hari untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Salah satu yang paling bisa dilakukan adalah meluangkan waktu untuk membaca buku di pagi hari.

5. Berjemur

Terpapar cahaya matahari pagi telah ditemukan dapat meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif. Cahaya matahari membatu meregulasi ritme sirkadian tubuh yang berperan penting dalam proses kognitif, termasuk salah satunya daya ingat.

6. Membuat gratitude journal

Mempraktikkan rasa bersyukur pada pagi hari dapat secara positif memengaruhi mental dan emosional. Hal ini akan berujung pada kemampuan daya ingat yang semakin kuat. Anda bisa membuat gratitude journal dengan menuliskan berbagai hal yang membuat Anda bersyukur.

7. Bersantai, hindari kesibukan

Hindari kesibukan yang sifatnya multitasking di pagi hari. Lakukan segalanya di pagi hari secara perlahan dan santai. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menyimpan dan mengingat kembali informasi-informasi yang ada. Fokus pada satu aktivitas di satu waktu membuat otak memproses informasi dengan lebih baik.

Demikian beberapa kebiasaan pagi hari yang bisa meningkatkan daya ingat. (*)

Tags : daya ingat, kesehatan otak, kebiasaan pagi hari untuk meningkatkan daya ingat, cara meningkatkan daya ingat ,