Pelalawan   2021/01/11 18:8 WIB

Sejumlah Daerah Langganan Banjir, BPBD: Pelalawan Termasuk Rawan 

Sejumlah Daerah Langganan Banjir, BPBD: Pelalawan Termasuk Rawan 

PELALAWAN - Sejumlah daerah labupaten masih rawan banjir, masyarakat dialiran sungai di beberapa kabupaten/kota diminta waspada bencana banjir.

Gubernur Riau H Syamsuar jauh hari sudah menghimbau masyarakat di tepian sungai agar lebih waspada, sebabnya ada sejumlah daerah di Riau yang selalu menjadi 'langganan' banjir setiap tahunnya. Sehingga menjadi perhatian khusus Pemprov Riau dalam mengantisipasi bencana La Lina. Gubri juga mengingatkan sekitar Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Rengat, Rokan hilir. Sementara Kota Pekanbaru juga merupakan salah spot daerah yang menjadi langganan banjir setiap musim hujan. 

Gubri selain mengingatkan soal banjir, suasana pandemi Covid-19 masyarakat harus siap sedia untuk kemungkinan kalau melakukan pengungsian. Gubri juga mengharapkan, tidak terjadi adanya pengungsian atau evakuasi bagi warga yang terimbas bencana banjir. Kendati demikian, dia berharap semua pihak siap jika memang bencana banjir terjadi.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan terus memantau lokasi-lokasi wilayah yang kerap banjir di daerah. "Saat ini, kita terus lakukan pemantauan terhadap lokasi-lokasi yang kerap terjadi banjir. Kita koordinasi dengan Tagana Pelalawan dalam menangani hal ini," kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Abubakar FE pada media, Senin (11/1).

Dia mengatakan, hasil pemantauan yang dilakukan di sejumlah lokasi di Kecamatan Pangkalankerinci dan Ukui menjadi fokus utama dalam penanganan banjir di Kabupaten Pelalawan. Pihaknya juga melakukan koordinasi dan secepatnya mengantisipasi jika terjadi banjir di lokasi-lokasi yang selama ini selalu jadi sasaran banjir. "Kalau untuk bantuan belum karena memang belum terjadi banjir. Tapi untuk sarana dan prasarana saat terjadi banjir, sudah kita persiapkan. Seperti misalnya speed boat karet, tenda pleton dan perlengkapan lainnya," ujarnya. (rp.elf/*) 

Tags : Sejumlah Daerah Langganan Banjir, BPBD Pelalawan Pantau Daerah Rawan Banjir ,