News Kota   2023/03/29 15:41 WIB

Sejumlah Pemuda tak Sabaran Melihat Jalan Rusak, 'yang Diperbaiki dengan Uang Pribadi'

Sejumlah Pemuda tak Sabaran Melihat Jalan Rusak, 'yang Diperbaiki dengan Uang Pribadi'
Sejumlah pemuda di Kota Pekanbaru memperbaiki jalan rusak dengan uang pribadi.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Viral video sejumlah pemuda di Kota Pekanbaru memperbaiki jalan rusak dengan uang pribadi. Mereka mengecor jalan yang rusak parah selama bertahun-tahun di Jalan Parit Indah Kota Pekanbaru. 

"Sejumlah pemuda tak sabaran melihat jalan rusak di Pekanbaru."

"Selamat siang bosku, hari ini kegiatan nimbun jalan pakai duit pribadi untuk kepentingan rakyat. Bukan pakai duit dari rakyat untuk kepentingan pribadi," kata pemuda bernama Bambang dalam video yang diperlihatkannya, Selasa (29/3).

Mereka menggunakan truk molen berisi semen untuk menimbun jalan yang rusak. Bahkan, dana yang mereka keluarkan juga tidak sedikit, mencapai jutaan rupiah untuk menyewa truk molen.

Para pemuda mengaku kecewa dengan Pemko Pekanbaru yang dipimpin Pj Wali Kota Muflihun karena tak kunjung memperbaiki jalan selama bertahun-tahun.

"Pemerintah tidur," kata pemuda lainnya dalam video itu.

Penimbunan jalan itu dilakukan di lubang-lubang jalan yang membahayakan pengendara. Mereka menilai pemerintah tutup mata dengan kondisi jalanan di Kota Pekanbaru.

Bambang, salah satu pemuda dalam video itu mengakui pihaknya menimbun jalan rusak di Jalan Parit Indah menggunakan dana pribadinya. Mereka tak masalah meski harus merogoh uang dari kantong sendiri, meskipun itu kewajiban negara.

"Selama ini kita sudah protes lewat sosial media. Katanya awal tahun, tapi ini udah bulan Maret belum juga ada perbaikan di jalan-jalan rusak," kata Bambang.

Meski demikian, Bambang tetap mengimbau masyarakat agar membayar pajak walaupun jalanan Pekanbaru yang rusak tak kunjung diperbaiki. "Harus, tetaplah kita bayar pajak," tambahnya. 

Bukan tanpa sebab, mereka memperbaiki jalan rusak di Jalan Parit Indah karena telah banyak memakan korban. Padahal, jalan itu merupakan akses dari dalam kota menuju ke 3 kabupaten. Yakni ke jalan lintas timur Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu hingga Indragiri Hilir.

"Kita lakukan perbaikan jalan yang lubangnya dalam dan berbahaya. Itu akses utama orang mau ke lintas timur, ya biar adalah pergerakan, jangan cuma proyek payung miliaran saja," jelas Bambang.

Bambang mengaku tidak berhenti sampai di situ saja. Dia bersama teman-temannya akan kembali memperbaiki jalan rusak di wilayah lain. Dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan memberbaiki Jalan Cipta Karya. 

Sebab, Jalan Cipta Karya Kecamatan Tuah Madani itu juga lingkungan padat penduduk. Kondisinya semakin parah hingga banyak pengendara jatuh. Kerusakan jalan itu sudah lama, sekitar sejak 2 tahun belakangan.

"Jalan Cipta Karya akan kami cor, ada juga beberapa titik lain, jadi bertahap karena banyak aduan di medsos. Tentu kami berharap pemerintah begerak," tegas Bambang.

Sekedar informasi, kerusakan jalan terjadi di sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru. Jalan-jalan rusak terlihat di Cipta Karya, Jalan Dahlia, Jalan Delima, Jalan Srikandi, Jalan Adi Sucipto, Jalan Dharma Bakti dan ruas jalan lain di Kota Pekanbaru. Kemudian jalan Kartama, Jalan Rambutan. Sedangkan jalan-jalan yang berdiri rumah anggota dewan tidak rusak. (rp.abd/*)

Editor: Surya Dharma

Tags : jalan rusak, sejumlah pemuda tak sabaran lihat jalan rusak, perbaiki jalan rusak pakai uang pribadi, news kota,