Pekanbaru   2023/04/13 13:59 WIB

Sejumlah Penerbangan Buat Extra Flight untuk Antisipasi Hadapi Puncak Arus Mudik Lebaran

Sejumlah Penerbangan Buat Extra Flight untuk Antisipasi Hadapi Puncak Arus Mudik Lebaran
Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru

 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - sejumlah maskapai sudah menambah extra flight atau jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

"Penerbangan buat extra flight untuk antisipasi hadapi puncak arus mudik lebaran."

"Kita travel agent dimudahkan dengan extra flight ini, juga mengantisipasi lonjakan penumpang di momen Lebaran," kata Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah yang menyambut baik kebijakan itu pada media, Kamis (13/4).

"Seperti Pelita Air mereka buka rute perdana Pekanbaru Jakarta, dengan lima Airbus, semua untuk kelas ekonomi. Info dari maskapai mereka akan menambah satu pesawat lagi," sambungnya.

"Jadi Itu sebagai antisipasi menghadapi puncak arus mudik Lebara Idulfitri 2023."

Bandara SSK II Pekanbaru mencatat sudah lima maskapai melakukan extra flight. Lion Air, Super Air Jet, Citilink dan Malaysian Air. Terbaru Pelita Air membuka rute perdana Pekanbaru-Jakarta pada Rabu 12 April 2023.

Asita Riau mendukung maskapai menambah jadwal penerbangan, mengingat antusias masyarakat dari luar daerah untuk mudik ke Riau.

Ia mendorong agar pihak maskapai yang lain untuk menambah rute juga. Sebab hingga saat ini sudah banyak tiket pesawat habis terjual.

"Kita sarankan maskapai lain, ini sudah ada empat maskapai domestik dan satu internasional yang menambah jadwal. Kalau bisa slot penerbagan ditambah lagi, misal satu hari sekali jadi dua kali atau tiga kali terbang. Karena setelah kita cek dari Jakarta ke Pekanbaru itu full, penumpang penuh," ujarnya.

Dengan penambahan extra flight memudahkan penumpang bisa mengalokasikan anggaran untuk mudik menggunakan transportasi umum. Sebab jika biaya mudik seperti tiket melonjak, bisa berdampak dengan masyarakat yang memilih mudik pakai kendaraan pribadi. Menyebabkan kemacetan disejumlah ruas jalan lintas.

Sebagai informasi, hingga saat ini jumlah penumpang dari dan ke Bandara SSK II Pekanbaru belum ada lonjakan. Masih berkisar 5.000 penumpang, sementara hari biasa 7.000 penumpang. Otoritas Bandara SSK II Pekanbaru memprediksi lonjakan penumpang pada H-2 Lebaran Idulfitri 1444 H. (*)

Tags : rute penerbangan, penerbangan buat extra flight, antisipasi hadapi puncak arus mudik lebaran, bandara sultan syarif kasim II pekanbaru,