Riau   2023/09/12 16:38 WIB

Sekda SF Hariyanto Intruksikan PUPR Cek Semua Flyover dan Jembatan, 'Demi Keamanan Warga'

 Sekda SF Hariyanto Intruksikan PUPR Cek Semua Flyover dan Jembatan, 'Demi Keamanan Warga'
Sekdaprov Riau SF Hariyanto intruksikan PUPR cek flyover dan jembatan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sekretaris Daerah (Sekda), SF Hariyanto mengintruksikan tim Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau mengecek semua flyover secara berkala.

Pengecekan berkala diperlukan untuk memastikan kondisi fisik bangunan jembatan dan flyover.

Ini menyusul viralnya photo flyover simpang Jalan Sudirman-Imam Munandar di media sosial yang sempat disebut alami retakan.

"Justru itu (photo viral fly over) saya minta dengan PUPR untuk melakukan pengecekan," kata Sekdaprov, Senin (11/9).

Sebelumya pada Desember 2022 lalu, pagar besi pembatas pagar pembatas jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah atau dikenal jembatan Siak III dicuri orang tak bertanggung jawab. 

Juga pernah April 2019 lalu, publik di Pekanbaru juga sempat dihebohkan hilangnya mur dan baut Jembatan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau lebih dikenal Jembatan Siak IV. 

"Begitu juga jembatan kontruksinya bagaimana, hangarnya. Pengecekan berkala ini perlu untuk memastikan kondisi fisik," sambung Sekda SF Hariyanto.

Dengan begitu, tak hanya sekedar memastikan kondisi fisik flyover dan jembatan, namun juga untuk keamanan warga melintas.

"Apalagi dana pembangunannya yang tidak sedikit."

Terkait pengecekan berkala ini, SF Hariyanto juga sudah meminta kepada Dinas PUPRPKPP Riau melibatkan ahli kontruksi di Riau Prof Sugeng.

Ada pun terkait dengan photo viral di flyover Jalan Sudirman-Imam Munandar yang dinarasikan retak-retak sudah diperbaiki.

Namun perbaikan itu hanya di bagian plesteran dinding penahan bagian atas fly over (abutment) bekas relief melayu. 

Selama perbaikan tidak ada penutupan arus kendaraan.

Sekdaprov Riau SF Harianto bersama Kadis PUPRPKPP Riau Muhamad Arief Setyawan sempat meninjau langsung bersama kepolisian. (*)

Tags : sekda riau sf hariyanto, flyover dan jembatan, sekda riau perintahkan pipr cek flyover dan jembatan ,