Pekanbaru   2023/07/06 11:42 WIB

Sekdako Indra Pomi Nasution Akui Pekanbaru Berhasil Tekan Lajunya Inflasi, 'Jadi dapat Insentif dari Pusat'

Sekdako Indra Pomi Nasution Akui Pekanbaru Berhasil Tekan Lajunya Inflasi, 'Jadi dapat Insentif dari Pusat'
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berhasil menekan laju inflasi daerah sehingga pemerintah pusat memberikan insentif Rp19 miliar.

"Pemberian insentif dari pemerintah pusat karena berhasil menekan lajunya inflasi."

"Kita menerima bantuan dana insentif dari pemerintah pusat besarnya Rp19 miliar lebih," diakui Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu (5/7).

"Pemko Pekanbaru berhasil tekan lajunya inflasi jadi dapat insentif dari pusat. Upaya dan keberhasilan Pemko Pekanbaru ini untuk menekan laju inflasi mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah," sebutnya.

Pemko berencana akan menggunakan dana tersebut untuk mendukung upaya penanggulangan inflasi daerah.

Pihaknya pun sudah minta masukan dari Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk pemanfaatannya.

Namun, pastinya peruntukan dana tersebut adalah guna penanggulangan inflasi daerah.

"Bisa kita alokasikan untuk program di dinas pertanian, dinas ketahanan pangan dan kebutuhan-kebutuhan lain untuk pengendalian inflasi lanjutan," katanya.

Menurutnya, sejauh ini laju inflasi di Kota Pekanbaru relatif masih terkendali. Walaupun di satu sisi, ada beberapa harga komoditas yang mengalami kenaikan.

"Untuk ayam, telur juga cabai harganya masih tinggi. Itu sekarang terus kita upayakan untuk bisa turun. Namun, ini juga terkait dengan mahalnya ongkos produksi, sehingga tak bisa juga langsung ditekan," sebutnya.

"Harga pakan seperti jagung itu kan juga mengalami kenaikan. Kita akan upayakan supaya berangsur bisa kembali normal," sambungnya.

Meski begitu, kenaikan harga beberapa komoditas itu masih dalam batas wajar. Hal tersebut masih bisa diimbangi dengan angka pertumbuhan ekonomi Kota Pekanbaru yang saat ini juga masih cukup baik.

Pemko Pekanbaru mencatat, pada akhir bulan Juni 2023 lalu, angka inflasi mengalami kenaikan tipis dari 0,64 menjadi 0,68 persen.

"Inflasi kita ada kenaikan 0,64 menjadi 0,68 di akhir bulan lalu. Nah, ini perlu dilakukan antisipasi, jangan sampai nanti bisa 1 digit. Ini masih nol koma, jadi jangan sampai angka satunya pecah," pungkasnya. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : inflasi, pemko pekanbaru tekan inflasi, pekanbaru berhasil tekan inflasi, pemerintah pusat beri insentif ,