Pendidikan   2022/01/21 17:20 WIB

Sekdisdik Muzailis Minta Pihak Sekolah Awasi 'Pelaksanaan Tatap Muka Siswa'

Sekdisdik Muzailis Minta Pihak Sekolah Awasi 'Pelaksanaan Tatap Muka Siswa'
Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Drs H Muzailis MM

PEKANBARU - Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik) Drs H Muzailis MM minta pihak sekolah tetap melakukan pengawasan pelaksanaan tatap muka siswa.

"Disdik juga akan membentuk Satgas untuk mengawasi protokol kesehatan di lingkungan sekolah." 

"Ini sudah melaksanan tatap muka 100 persen. Mereka harus bisa memastikan pembelajaran yang dilakukan selama di sekolah mengikuti standar protokol kesehatan. Mereka terdiri dari guru piket yang dibentuk sekolah secara bergantian mengawasi prokes," kata Muzailis, Jumat (21/1/2022). 

Menurutnya Disdik juga terus melakukan pengawasan, tetapi pihak sekolah itu, guru piket bisa memantau terlaksananya prokes. "Kalau ada anak-anak yang berkerumun mereka yang mengatur," kata dia.

"Dalam pembentukan Satgas disekolah ini juga memastikan kelengkapan alat penunjang prokes."

"Pihak sekolah juga mengirimkan jurnal harian ke dinas pendidikan terkait pelaksanaan PTM 100 persen di sekolah mereka," katanya. 

Dijelaskannya, saat ini baru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menerapkan PTM 100 persen. Siswa sudah masuk setiap hari dan mengikuti maksimal enam jam pelajaran. Lebih dari 100 SMP negeri dan swasta di Pekanbaru telah menerapkan PTM 100 persen. "Dari dinas sendiri juga ada tim pengawas. Ada empat tim pengawas yang turun melakukan pengecekan secara acak," terangnya. 

Bagi SMP yang telah menerapkan PTM 100 persen masih terbukti berjalan lancar, "tidak ada kendala yang ditemukan di lapangan."

Tetapi Muzailis memastikan belum ada konfirmasi kasus positif dari lingkungan sekolah hingga saat ini. Pihaknya bersama dinas kesehatan juga akan melakukan rapid tes antigen bagi siswa dan guru. Mereka melakukan skrining guna pemeriksaan kesehatan untuk antisipasi penyebaran covid-19. 

"Kita tetap lakukan evaluasi. Dari hasil PTM yang dilakukan 100 persen ini tidak ada kendala, tidak ada laporan dari sekolah kendala yang berarti. Prokes tetap dijalankan secara ketat," jelasnya. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Sekretaris Dinas Pendidikan Pekanbaru Drs H Muzailis MM, Sekdisdik Minta Pihak Sekolah Awasi Pelaksanaan Tatap Muka Siswa.Pelaksanaan Tatap Muka Siswa,