Wisata   2024/04/17 11:36 WIB

Selama Libur Panjang Lebaran, 1,1 Juta Orang Wisatawan Datang ke Riau

Selama Libur Panjang Lebaran, 1,1 Juta Orang Wisatawan Datang ke Riau

PEKANBARU - Libur panjang selalu dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati berbagai destinasi bersama keluarga tercinta. Baik berkunjung ke luar kota ataupun di dalam kota.

"Selama libur panjang Lebaran, 1,1 juta orang wisatawan datang ke Riau."

"Kunjungan wisatawan Alhamdulillah meningkat. Tapi jujur tidak setinggi liburan tahun kemarin pada momen yang sama," kata Kadispar Riau, Roni Rakhmat, Selasa (16/4).

Roni Rakhmat menyebutkan, terjadi lonjakan pengunjung pada tempat wisata saat momen Lebaran 1445 Hijriah dibanding saat libur panjang lainnya.

Belum diketahui pasti untuk penurunan jumlah wisatawan.

"Belum tahu apa penyebabnya. Tapi tahun ini jumlah wisatawan yang kami hitung se-riau berdasarkan laporan kabupaten/kota mencapai 1,1 juta lebih," katanya.

Roni Rakhmat menuturkan, terdapat perpindahan kepadatan wisatawan yang sebelumnya berada di Kabupaten Siak, tahun ini berada di Kota Dumai.

"Terjadi perpindahan juga, tahun lalu di siak sekarang di dumai yang ramai. Ada perpindahan tempat keramaian," tuturnya.

Disebutkannya, Dispar Riau juga menyoroti adanya destinasi wisata yang membludak saat momen Lebaran. Meskipun diminati masyarakat, kondisi ini dikhawatirkan menimbulkan ketidaknyamanan.

"Kenikmatan dan kenyamanan dalam berwisata itu tak ada. Dikhawatirkan orang tak mau lagi berwisata ke sana, jadi ramainya hanya sesaat," sebutnya.

"Ini yang jadi perhatian kita, nanti diimbau kepada pemilik destinasi wisata untuk membatasi jumlah pengunjung," pungkasnya. (*)

Tags : libur panjang, lebaran, idul fitri 1445 hijriyah, wisatawan ke Riau,